HOME, Santai

Ini Rahasia Gigi Sehat dan Bersih! Ketahui Waktu Gosok Gigi yang Tepat!

Ini Rahasia Gigi Sehat dan Bersih! Ketahui Waktu Gosok Gigi yang Tepat!

MOMSMONEY.ID - Untuk menjaga kesehatan gigi, tentunya perlu menyikat gigi secara rutin dan memeriksakan gigi ke dokter setiap 6 bulan sekali.

American Dental Association dalam laman Health Line merekomendasikan untuk membersihkan atau menyikat gigi dua kali sehari dalam durasi yang tak lebih dari dua menit.

Baca Juga: Simak, 4 Cara Mudah Menguji Rambut Rusak atau Tidak!

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk menyikat gigi? Berikut ini adalah waktu terbaik untuk menyikat gigi.

Sebelum makan

Laman Medicine Net menjelaskan bahwa menyikat gigi pada pagi hari sebelum sarapan disarankan untuk membersihkan sisa kotoran dan bakteri yang menumpuk di dalam mulut saat tidur di malam hari.

Dengan membersihkan bakteri menggunakan pasta gigi dengan bahan fluoride dapat membantu untuk menghilangkan bakteri dan plak yang menempel pada gigi. Selain itu juga dapat memberikan perlindungan pada gigi dari makanan yang akan dimakan.

Setelah makan

Menyikat gigi setelah makan juga sebaiknya dilakukan setelah mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang mampu merusak gigi.

Baca Juga: Dijamin Akurat! Ini 4 Aplikasi Ramalan Zodiak yang Miliki Hasil Ramalan Tepat!

Makanan yang memiliki sifat asam atau acidic seperti jus jeruk, kopi, buah sitrus dan kering, roti dan juga pastry adalah beberapa bahan makanan yang memiliki sifat asam dan dapat melemahkan enamel gigi.

Laman Health Line menyarankan untuk memberi jeda 30 menit hingga 1 jam setelah makan untuk memastikan gigi telah dilindungi dan dibersihkan dengan sempurna.

Sebelum tidur

Sebelum tidur juga merupakan waktu yang tepat untuk menyikat gigi. Kotoran yang telah menumpuk di dalam mulut dan menempel pada gigi selama seharian akan dibersihkan melalui sikat gigi malam sebelum tidur.

Laman NHS juga menyarankan untuk menyikat gigi saat malam hari dan satu lagi di saat siang atau pagi. Karena plak yang menumpuk dapat membuat gigi menjadi tidak sehat dan menimbulkan beberapa penyakit gigi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News