HOME, Santai

Ini Pilihan 10 Tempat Wisata di Bandung, untuk Long Weekend

Ini Pilihan 10 Tempat Wisata di Bandung, untuk Long Weekend

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa tempat wisata di Bandung terbaru yang bisa dikunjungi saat liburan akhir pekan seperti sekarang. Mayoritas daftar tempat wisata di Bandung ini bernuansa alam. 

Destinasi ini juga cocok dikunjungi bagi pasangan, maupun rombongan keluarga dengan anak kecil. 

Lantas, apa saja daftar tempat wisata di Bandung yang bisa dikunjungi?

Baca Juga: Dafam Hotel Kebanjiran Pesanan Kamar Hotel pada Periode Lebaran

Daftar tempat wisata di Bandung terbaru

Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung terbaru yang bisa dikunjungi saat liburan:

1. Orchid Forest Cikole 

Tempat wisata di Bandung yang bisa dikunjungi adalah Orchid Forest Cikole. Orchid Forest Cikole merupakan tempat wisata yang terletak di Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. Tepatnya, Orchid Forest berlokasi di Genteng, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Dikutip dari Kompas.com (7/5/2022), kawasan ini merupakan Taman Konservasi Anggrek terbesar di Indonesia dengan hutan pinus seluas 12 hektar.

Ada beberapa wahana di Orchid Forest Cikole diantaranya Petventura, Woodbridge, Orchid Castle serta Green House. Harga tiket masuk di Orchid Forest Cikole adalah Rp 40.000 ditambah Rp 10.000 untuk asuransi Perhutani per orang. 

Jam buka Orchid Forest Cikole pukul 09.00 WIB - 18.00 WIB setiap hari. Sementara reservasi dapat dilakukan melalui 08112221284. 

Baca Juga: Promo JSM Alfamart, Potongan Harga Lumayan Berlaku sampai Hari Senin (16/5)

2. Dusun Bambu Lembang

Dusun Bambu Lembang

Selanjutnya, tempat wisata di Bandung yang bisa dikunjungi adalah Dusun Bambu Lembang. Dusun Bambu Lembang adalah obyek wisata di kaki Gunung Burangrang, kawasan ekowisata Dusun Bambu. 

Tepatnya, letak Dusun Bambu Lembang di Jalan Kolonel Masturi km 11 Lembang, Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. 

Dikutip dari Kompas.com (27/3/2022), berbagai aktivitas wisata dapat dilakukan di tempat ini. Seperti, wisatawan dapat menikmati suasana pedesaan yang damai. Fasilitas lain di kawasan ini, seperti Kampung Layung Cottage, Sayang Heulang Camp, dan Restoran khas Dusun Bambu.

Harga tiket masuk Dusun Bambu yakni WE Playground Rp 50.000, Sampan Rp 20.000, Sepeda Bamboo Rp 30.000, Paket photo Rp 40.000 dan paket video drone Rp 150.000. Sementara, jam buka Dusun Bambu yakni pukul 10.00 - 17.00 WIB. 

Baca Juga: Wajib Simak! Ini Daftar 2 Promo Menarik McD yang Berakhir pada 15 Mei 2022

3. Floating Market Lembang

Objek Wisata di Floating Market (Pasar Terapung) Lembang

Floating Market Lembang menjadi salah satu tempat wisata di Bandung yang sering dikunjungi wisatawan. Di pasar terapung ini wisatawan bisa berbelanja berbagai sajian makanan yang dijajakan dari atas perahu. 

Selain itu, ada juga beragam fasilitas dan wahana yang dapat menghibur keluarga. Floating Market ini menyediakan wahana kota mini, taman angsa, taman kelinci, rainbow garden, sepeda dan sampan air, hingga miniatur kereta api. 

Lokasi Floating Market Lembang di Jalan Grand Hotel No. 33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Baca Juga: Ini Kafe Bernuansa Vintage di Jakarta

4. Farm House Lembang 

Farm House Lembang

Selanjutnya, salah satu tempat wisata di Bandung yang bisa dikunjungi adalah Farm House Lembang. Mengutip Kompas.com, Senin (24/09/2018), Farm House Lembang menawarkan wisata edukasi dan bermain bersama satwa. 

Tak hanya itu, bagi yang suka berfoto, ada sejumlah spot selfie yang tersedia. Latar bangunan-bangunan bergaya Eropa bisa menjadi pilihan untuk mengabadikan momen bersama keluarga, atau pun meramaikan feed Instagram. 

Ada pula, pilihan spot foto berlatar belakang rumah hobbit seperti di film The Lord of the Rings. Lokasi Farm House Lembang di Jalan Raya Lembang Nomor 108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Baca Juga: 6 Hotel Unik di Bandung, Cocok untuk Wisata Saat Libur Lebaran

5. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey

Kemudian, salah satu tempat wisata di Bandung yang bisa dikunjungi adalah Kawah Putih Ciwidey. Kawah putih merupakan danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. 

Lokasinya ada di Desa Alam Endah, Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Wisatawan dapat menyaksikan danau dengan air berwarna putih kehijauan. Danau ini dikelilingi hutan yang menambah suasana alami di tempat tersebut.

6. Tahura Bandung

Tahura Bandung

Taman Hutan Ir Djuanda Bandung juga menjadi salah satu tempat wisata di Bandung yang bisa dikunjungi. Dikutip dari laman resmi Tahura Bandung, Taman Hutan Ir Djuanda berada di Kompleks Tahura, Jl. Ir. Juanda No 99, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Bandung. 

Taman ini memiliki luas 526,98 hektar dan merupakan kawasan konservasi terpadu antara alam sekunder dengan hutan tanaman jenis pinus. Taman Hutan Ir H Djuanda merupakan bagian dari daerah cekungan Bandung. 

Daerah ini memiliki latar belakang sejarah yang erat dengan zaman purba. Di taman ini juga terdapat Rumah Flora, Prasasti Beraksara Thailand, Rumah Aklimatisasi, Curug Omas, Curug Dago, Jalan Setapak Pakar Maribaya, Curug Lalay, Goa Belanda, Kolam Pakar, dan Goa Jepang. 

Baca Juga: Libur Lebaran, Ini 5 Kampung Tematik di Kota Malang yang Menarik Dikunjungi!

7. The Great Asia Africa 

The Great Asia Africa Lembang

The Great Asia Africa merupakan destinasi wisata Bandung yang menawarkan sensasi keliling tujuh negara tanpa harus harus keluar negeri. 

Mengutip Kompas.com, Minggu (19/07/2020), terdapat miniatur destinasi wisata terkenal dari tujuh negara di The Great Asia Africa Adapun negara-negara yang ditampilkan berasal dari benua Asia Afrika, sesuai namanya. 

Para pengunjung bisa melihat beberapa ikon terkenal dari Indonesia, Thailand, Korea Selatan, Jepang, India, serta negara dari benua Afrika dan kawasan Timur Tengah. 

Selain itu, pengunjung bisa mencoba pakaian tradisional negara tersebut. Jadi, selain melepas penat Anda bisa mengajarkan kebudayaan berbagai negara di The Great Asia Africa.

Baca Juga: Tempat Wisata yang Lagi Hits di Jakarta dan Sekitarnya, Cocok untuk Liburan Lebaran

8. Wisata Alam Ranca Upas

Ranca Upas

Destinasi wisata di Bandung lainnya adalah Wisata Alam Ranca Upas. Wisata Alam Ranca Upas memiliki area perkemahan, penangkaran rusa, dan outbond serta pemandian air panas. 

Lokasi Wisata Alam Ranca Upas yakni di Jl. Raya Ciwidey - Patengan KM. 11, Patengan, Kecamatan Rancabali, Bandung. 

9. De'Ranch Lembang

De Ranch Lembang

Selanjutnya, destinasi wisata di Bandung adalah De'Ranch Lembang. Mengutip situs resmi De’Ranch Lembang, destinasi wisata Bandung ini mengusung konsep tempat wisata keluarga. 

De’Ranch Lembang menawarkan liburan dengan suasana perkampungan koboi di negara bagian barat. Mulanya, De’Ranch Lembang adalah tempat pemeliharaan kuda tunggang dan ekor sapi perah yang akhirnya dikembangkan menjadi obyek wisata. 

Selain itu, De’Ranch Lembang juga memiliki berbagai wahana permainan dan rekreasi lainnya seperti kolam pancing, panahan, dan restoran. Lokasi De'Ranch Lembang di Jl. Maribaya No.17, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Baca Juga: Wayang Windu Panenjoan, Wisata Hits di Bandung Cocok untuk Libur Lebaran

10. Saung Angklung Udjo 

Saung Angklung Udjo

Terakhir, tempat wisata di Bandung bernuansa budaya yang bisa dikunjungi adalah Saung Angklung Udjo. Dikutip dari laman resminya, Saung Angklung Udjo  merupakan sebuah tujuan wisata budaya dan edukasi yang lengkap, karena memiliki arena pertunjukan, pusat kerajinan bambu dan workshop untuk alat musik bambu. 

Di samping itu, kehadiran Saung Angklung Udjo di Bandung menjadi lebih bermakna karena kepeduliannya untuk terus melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Sunda. Khususnya Angklung, kepada masyarakat melalui sarana pendidikan dan pelatihan.

Nah, itulah daftar tempat wisata di Bandung yang bisa dikunjungi selama momen liburan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News