Santai

Ini Perjalanan Penting yang Dilalui Ratu Elizabeth II Sebelum Meninggal

Ini Perjalanan Penting yang Dilalui Ratu Elizabeth II Sebelum Meninggal

MOMSMONEY.ID - Ratu Elizabeth II akan dimakamkan pada hari ini, Senin 19 September 2022 di Kapel St George. Jenazah Ratu Elizabeth II dimakamkan di lokasi yang sama dengan makam ayahnya Raja George VI. 

Sebelum meninggal dunia, Ratu Elizabeth II masih aktif mendedikasikan hidupnya untuk kerajaan Inggris. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya fakta pertemuan antara Ratu Elizabeth II dengan Perdana Menteri baru Liz Truss tepat dua hari sebelum ratu meninggal. 

Baca Juga: Bakal Dimakamkan Besok (19/9), Begini Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II!

Berikut fakta-fakta lain mengenai Ratu Elizabeth II sebelum meninggal dunia. 

Bertemu dengan Liz Truss dua hari sebelum meninggal

Ratu Elizabeth II bertemu dengan Perdana Menteri Inggris Liz Truss. Sebelum pertemuan itu, Ratu telah menunjukan Liz Truss menjadi perdana menteri menggantikan Boris Johnson yang mengundurkan diri dengan tidak hormat. 

Liz Truss

Ratu menghadapi situasi politik Inggris yang sulit

Sebelum Ratu Elizabeth II meninggal, Inggris memiliki kondisi politik yang sulit terkait keluarnya negara ini dari Uni Eropa atau Brexit. Referendum Brexit ini sebenarnya sudah dilaksanakan sejak Juni 2016. Melansir CNN, sebanyak 52% warga Inggris ingin keluar dari Uni Eropa. Boris Johnson pada saat masih menjadi Perdana Menteri mengatakan bahwa Uni Eropa sudah tidak lagi sejalan dengan Inggris.  

ilustrasi brexit

Adapun kaum anti Uni Eropa menjelaskan bahwa kebijan Uni Eropa telah mengikis kedaulatan Inggris, menghambat pertumbuhan ekonomi Inggris dan mobilitas warga Eropa yang mengancap peluang kerja bagi warga Inggris di dalam negeri. 

Perdana Menteri Boris Johnson Mundur

Kemunduran Boris Johnson terkait dua hal yaitu adanya gelombang pengunduran diri di peemerintahan dan skandal pelecehan seksual anggota parlemen. Melansir BBC, Johnson mundur dua hari setelah 50 pejabat pemerintahan mundur. Kasus ini menjadi kasus yang terbesar dalam sejarah pengunduran diri anggota pemerintahan sejak 1932. Di tahun tersebut hanya 11 anggota pemerintah yang mundur. 

BRITAIN-POLITICS/

Menteri yang pertama kali mundur adalah Menteri Keuangan Rishi Sunak dan Menteri Kesehatan Sajid David. Keduanya mundur karena cara Boris Johnson menangani tuduhan pelecehan seksual anggota parlemen dari partainya.

Adapun skandal pelecehan seksual menyangkut anggota parlemen Chris Pincher yang saat itu menjabat sebagai wakil ketua Kaukus Partai Konservatif di parlemen. Surat kabar The Sun melaporkan Pincher telah menggerayangi dua pria di klub di London. Johnson awalnya mengatakan tak tahu soal kasus ini, namun akhirnya terungkap dia pernah menerima laporan resmi soal pelecehan seksual ini. 

Baca Juga: Selamat Jalan Queen Elizabeth II, Ini Fakta Menarik Ratu Elizabeth II Semasa Hidupnya

Menghadapi Harry dan Meghan, cucunya yang keluar dari Kerajaan Inggris

Pangeran Harry dan istrinya Megan Markle mundur dari statusnya sebagai bagian dari keluarga Kerajaan Inggris pada 8 Januari 2020. Harry menegaskan akan hidup independen secara finansial sambil terus mendukung neneknya, mendiang Ratu Elizabeth II. Melansir oprahdauly.com, salah satu penyebabnya adalah perlakuan rasis yang diterima oleh Meghan yang berasal dari Amerika.

BRITAIN-ROYALS/QUEEN

Kesehatan Ratu Elizabeth II mulai menurun sejak suaminya meninggal dunia

Pangeran Philip meninggal dunia pada 9 April 2021. Melansir abc.net.au, pada akhir 2021 Ratu Elizabeth II mulai mengalami masalah kesehatan sulit bergerak yang terjadi pada orang yang sudah lanjut usia. Pada Oktober 2021 Ratu terlihat menggunakan tongkat saat berjalan ke Westminster Abbey. Kesehatan Ratu juga semakin memburuk dan sempat menghabiskan waktu di rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut 

BRITAIN-ROYALS/PHILIP

Ratu juga sempat mengalami positif Covid-19 pada 20 Februari 2022. Sebelum meninggal dunia, Kerajaan secara resmi mengatakan bahwa Ratu Elizabeth II perlu dalam pengawasan dokter, dan Ratu dalam kondisi nyaman di Balmoral. Hingga saat ini Kerajaan Inggris belum memberikan pernyataan resmi penyebab kematian Ratu Elizabeth, namun ada dugaan sang ratu meninggal karena adanya sindrom geriatri atau sindrom campuran usia renta dan stroke. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News