HOME, Bugar

Ini Penyebab Munculnya Ketombe di Rambut

Ini Penyebab Munculnya Ketombe di Rambut

MOMSMONEY.ID - Munculnya ketombe di rambut membuat seseorang merasa tidak nyaman untuk beraktivitas. Ketombe bisa menyebabkan rasa gatal, memiliki aroma tidak enak dan jatuh ke baju Anda.

Melansir dari thebodyshop.co.id, Ketombe terjadi ketika pengelupasan kulit tidak maksimal sehingga sel-sel kulit mati menumpuk di kulit kepala dan menimbulkan serpihan putih yang gatal. Ada beberapa penyebab munculnya ketombe di rambut yang harus Anda tahu, yaitu: 

1. Tidak Melakukan Keramas

Penyebab munculnya ketombe pertama yaitu tidak melakukan keramas. Rambut dan kulit kepala yang tidak keramas bisa menyebabkan minyak dan juga sel kulit kepala menumpuk dan menyebabkan ketombe.

Sebaiknya lakukan keramas secara rutin sesuai dengan kebutuhan jenis rambut Anda. Jika dirasa rambut gatal dan lepek, segera untuk melakukan keramas. 

2. Salah Pakai Produk Perawatan Rambut

Penyebab ketombe rambut selanjutnya adalah salah menggunakan produk perawatan rambut. Tentunya ada beberapa produk perawatan rambut yang tidak sesuai  digunakan sehingga menyebabkan ketombe muncul. 

Produk seperti gel, foam, dan hairspray yang biasa digunakan untuk menata rambut dapat membuat kepala menjadi gatal dan merah karena iritasi. Selain itu, penggunaan produk penata rambut yang berkepanjangan dapat menyebabkan reaksi alergi yang kuat.

Baca Juga: Pahami Cara Mengatasi Sun Spot Pada Wajah di Usia 20an, Cobain Yuk!

3.Kulit Kepala Kering

Kulit kepala kering menjadi penyebab ketombe paling umum dialami banyak orang. Hal ini akibat dari reaksi terhadap perubahan cuaca dan produk perawatan rambut yang digunakan. Selain itu, kurang minum air putih dapat menyebabkan kulit kepala kering.

Berbagai masalah kesehatan seperti eksim dan psoriasis (kelainan kulit kronis yang sering muncul kemudian hilang) juga membuat kulit kepala kering. Secara umum, ketombe akibat kulit kepala kering cenderung lebih kecil dan lebih kering.

4. Stres

Selanjutnya, penyebab ketombe dipengaruhi oleh stres. Saat mengalami stres,  tubuh dapat menyebabkan saraf simpatis cenderung lebih aktif dan melakukan perubahan pada sistem hormon.

Respon tubuh dapat membuat kelenjar minyak menjadi lebih aktif. Hal ini dapat mengakibatkan kulit kepala menjadi lebih lembap dan berminyak sehingga menyebabkan munculnya ketombe.

5. Pola Diet

Penyebab ketombe di rambut terakhir, yaitu pola diet. Diet dapat membuat seseorang kehilangan nutrisi atau mengalami alergi terhadap jenis makanan tertentu. Bila pola diet yang kurang tepat, dapat menyebabkan kekurangan zat besi, vitamin B, dan beberapa jenis lemak menyehatkan yang sebenarnya sangat penting untuk tubuh, rambut, dan kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News