Bugar

Ini Penyebab Gangguan Gagal Ginjal Akut Misterius pada Anak

Ini Penyebab Gangguan Gagal Ginjal Akut Misterius pada Anak

MOMSMONEY.ID - Penyebab gangguan gagal ginjal akut misterius pada anak sangat beragam. Tapi, penyebab dari gangguan ginjal akut misterius pada anak masih belum diketahui pasti.  

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) melaporkan, terdapat 192 kasus gangguan ginjal akut misterius atau gangguan ginjal akut progresif atipikal pada anak-anak hingga Selasa (18/10).

Hingga saat ini, penyebab pasti dari penyakit ini belum pasti. Namun, melansir dari Very Well Health, berikut beberapa penyebab gangguan gagal ginjal akut misterius pada anak, antara lain: 

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Berpotensi Merusak Ginjal yang Perlu Dihindari

Penurunan aliran darah 

Gangguan gagal ginjal akut misterius bisa terjadi karena aliran darah menuju ginjal menjadi lambat, sehingga menyebabkan penumpukan racun dan limbah di dalam tubuh.

Beberapa penyebab mendasari kondisi ini adalah tekanan darah rendah, kehilangan darah akibat perdarahan, alergi parah, mengalami luka bakar, hingga mengalami gangguan jantung yang menyebabkan penurunan fungsi jantung.

Kerusakan langsung pada ginjal

Ginjal dapat mengalami kerusakan akibat beberapa penyakit. Beberapa di antaranya, sepsis, kanker ginjal, hingga peradangan yang terjadi pada ginjal.

Penyumbatan saluran kemih

Penyakit atau gangguan kesehatan yang menghalangi keluarnya urine dapat menyebabkan gagal ginjal akut.

Contoh, kanker kandung kemih, kanker prostat, kanker serviks, pembesaran prostat, hingga masalah dengan sistem saraf yang memengaruhi kandung kemih.

Baca Juga: Waspada, Ini Risiko Akibat Konsumsi Gula Berlebih!

Selain itu, menurut Independent Observer, terdapat beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko terjadinya gagal ginjal akut, seperti: 

  1. Mengidap penyakit tertentu seperti hipertensi, obesitas, diabetes, gagal jantung, dan penyakit hati
  2. Mengidap gagal ginjal kronis
  3. Mengidap penyakit arteri perifer
  4. Mengidap penyakit autoimun
  5. Berusia 65 tahun atau lebih
  6. Sedang menjalani perawatan di ruang intensif
  7. Rentan menyerang anak-anak juga

Itulah pembahasan mengenai gangguan gagal ginjal akut misterius pada anak. Jadi, sangat penting bagi orang tua untuk waspada dan mengenali gejalanya jika terjadi pada anak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News