HOME, Bugar

Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Sebelah

Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Sebelah

MOMSMONEY.ID - Saat mengalami hidung tersumbat sebelah, aktivitas dan tidur Anda bisa terganggu lantaran sulitnya bernapas. 

Anda perlu mengetahui penyebab dan cara mudah mengatasinya, sehingga dapat mengembalikan kenyamanan Anda untuk melanjutkan aktivitas yang Anda kerjakan. 

Hidung tersumbat dapat terjadi hanya pada satu atau kedua sisi hidung. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beragam hal. 

Salah satunya adalah pembengkakan jaringan dan pembuluh darah di rongga hidung saat mengalami alergi. Anda juga dapat mengenali penyebab hidung tersumbat lainnya. 

Baca Juga: Inilah 5 Makanan Pemicu Kanker yang Harus Dihindari

Selain itu, dilansir dari Health Focus, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat sebelah yang bisa Anda coba, antara lain:   

1. Buang ingus

Cara mengatasi hidung tersumbat sebelah yang pertama adalah buang ingus segera. 

Namun ingat, jangan mendengus terlalu keras karena kuman dapat terdorong ke telinga dan menyebabkan infeksi pada telinga. 

2. Memperbanyak minum air putih

Cara mengatasi hidung tersumbat sebelah yang kedua adalah memperbanyak minum air putih. Hal ini dapat membantu mengencerkan lendir dan menjaga tenggorokan agar tidak kering. 

Selain air putih, Anda juga bisa minum teh hangat, air jahe hangat, dan jus buah segar. 

3. Tidur dengan tambahan bantal

Cara mengatasi hidung tersumbat sebelah yang selanjutnya adalah tidur dengan tambahan bantal. Tidurlah dengan dua bantal di bawah kepala. 

Cara ini akan menjaga posisi kepala Anda lebih tinggi, untuk melegakan pernapasan dan meredakan hidung tersumbat. 

Baca Juga: Inilah Faktor Penyebab Sembelit yang Sering Disepelekan

4. Menghirup uap hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat sebelah yang keempat adalah menghirup uap hangat. Uap hangat bisa dihasilkan dari air yang sudah dimasak sampai mendidih. 

Namun ketika menghirup uap hangat dari air mendidih, Anda harus hati-hati. Hirup uap hangat dengan perlahan dan jangan sampai air mendidih mengenai kulit hidung Anda. 

5. Mengonsumsi obat 

Cara mengatasi hidung tersumbat sebelah yang terakhir adalah segera mengonsumsi obat. Namun, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan ini.  

Mengonsumsi obat-obatan, seperti dekongestan, antihistamin, paracetamol, ibuprofen, dan naproxen, juga dapat meredakan hidung tersumbat sebelah atau seluruhnya. 

Segera ke dokter ketika hidung tersumbat terjadi selama lebih dari 10 hari, menyebabkan demam, hingga munculnya cairan berwarna kehijauan, kekuningan, atau darah dari dalam hidung. 

Sebab gejala tersebut memerlukan pengobatan secara medis agar kondisi kesehatan segera membaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News