HOME, Bugar

Ini Pentingnya Mengonsumsi Multivitamin saat Pandemi Covid-19

Ini Pentingnya Mengonsumsi Multivitamin saat Pandemi Covid-19

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Pandemi Covid-19 menuntut kita untuk lebih menjaga daya tahun agar terhindar dari berbagai penyakit. Rajin mengkonsumsi sayur, buah, protein dan susu pasti sudah dilakukan. Tapi apakah selalu bisa dipastikan apa yang dikonsumsi selama ini kandungan gizinya lengkap? 

Menurut Dr Tities Anggraeni Indra, Sp.PD inilah pentingnya kita mengkonsumsi multivitamin. Tidak ada salahnya rutin mengkonsumsi multivitamin untuk lebih memastikan kandungan gizi yang masuk ke tubuh seimbang. Apalagi ditengah situasi pandemi seperti sekarang. Multivitamin bisa dikonsumsi sehari sekali atau ketika kita harus melakukan aktivitas yang terlampau berat.

"Dengan mengkonsumsi multivitamin tersebut secara rutin dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan imunitas tubuh sehingga dapat tetap melakukan aktivitas dan menurunkan resiko terinfeksi COVID-19 serta virus lainnya," paparnya saat peluncuran Hemaviton Action Total Care Imunup yang mengandung Buffered Vitamin C, Vitamin D3 dan Zinc 

Baca Juga: Beberapa Jenis Vitamin B dan Manfaatnya Untuk Tubuh

Ada tiga jenis vitamin yang patut konsumsi dalam masa pandemi yaitu vitamin C, vitamin D3 dan zinc. Ketiga vitamin tersebut sangat direkomendasikan dalam pengobatan Covid-19. 

Menurut dr Tities, vitamin C memiliki banyak manfaat antara lain sebagai antioksidan, memengaruhi imunitas seluler, hingga mempercepat penyembuhan luka dan memperbaiki sel tubuh. Sedangkan pada pasien Covid-19, pemberian suplemen vitamin C dapat meredakan inflamasi, stres oksidatif, sepsis, dan meningkatkan imunitas. Dosis kebutuhan vitamin C dewasa yang butuhkan per hari mencapai 500-1000 mg. 

Kemudian vitamin D, bagi individu umum berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh, mencegah berbagai penyakit kronis, dan mengoptimalkan kerja sel-sel di dalam tubuh. Pada pasien Covid-19, suplemen vitamin D bekerja untuk mencegah terjadinya badai sitokin maupun badai bradykinin dan mempercepat pemulihan. Di rekomendasi kan kebutuhan vitamin D sekitar 40-60 mg per harinya. 

Baca Juga: Air Kelapa Bisa Menyembuhkan Covid-19. Benarkah?

Sedangkan Zinc merupakan zat besi yang memiliki aktivitas sebagai antivirus untuk menstabilisasi membrane sel untuk menghambat masuknya virus dan replikasi virus. Dosisnya zinc bisa dikonsumsi sebanyak 3-16 mg. 

Selanjutnya: Simak Tips Memilih Obat dan Vitamin yang Aman dan Tepat ala SehatQ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News