HOME, Bugar

Ini Penjelasan Satgas Soal Varian Delta AY.4.2

Ini Penjelasan Satgas Soal Varian Delta AY.4.2

MOMSMONEY.ID - Varian delta AY.4.2 menjadi salah satu varian corona yang tengah merebak di Inggris. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19  Wiku Adisasmito pun memberikan penjelasan terkait varian ini.

Dia menjelaskan, varian corona tersebut bukanlah varian baru, melainkan varian delta yang mengalami perubahan atau mutasi tambahan.

"Jenis varian AY dari mutasi Delta ini cukup beragam yaitu dari AY.1 hingga AY.28," ujar Wiku dalam konferensi pers, Kamis (28/10).

Baca Juga: Ini Dua Tips Hidup di Era New Normal Agar Terhindar dari Covid-19

Lebih lanjut, Wiku juga menjelaskan, bahwa studi mengenai varian delta ini masih berlangsung. Karenanya, hingga saat ini belum diketahui apakah berbagai jenis varian delta tersebut memiliki kharakteristik khusus.

"Kita belum bisa mengetahui apakah berbagai jenis varian Delta ini memiliki karakteristik khusus yang dapat mempengaruhi laju penularan, keparahan gejala, maupun vaksinasi karena studi terkait hal tersebut masih berlangsung," jelasnya.

Meski begitu, dia juga mengatakan untuk mencegah masuknya varian baru corona,  pemerintah akan memaksimalkan pelaksaan strategi-strategi yang sudah ditetapkan.

"Terkait hal tersebut, pemerintah memaksimalkan pelaksanaan strategi yang sudah ditetapkan yaitu karantina perjalanan, 3M, 3T, dan vaksin, agar dapat mencegah masuknya semua jenis varian baru, sekaligus meminimalisir pembentukan mutasi baru di dalam negeri," kata Wiku.

Selanjutnya: Harga PCR Turun, di Jawa-Bali Jadi Rp 275.000, Luar Jawa Rp 300.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News