HOME, BisnisYuk

Ini Modal yang Dibutuhkan untuk Mendirikan Hotel Hewan yang Layak

Ini Modal yang Dibutuhkan untuk Mendirikan Hotel Hewan yang Layak

MOMSMONEY.ID - Daniel Ferdinand Getaford Lubis, pemilik Domu Pet Hotel. dan pemilik Habitat Satwa Pet Hotel Kimalimsy meyakini, bisnis penitipin hewan tidak akan pernah sepi seiring makin banyaknya pecinta hewan. Peluang usaha ini besar.

Karena itu pula, Daniel bersama Adi Sihombing membuka cabang Domu Pet Hotel di Bandung.

"Kami buka di Bandung karena banyak request dari sana," kata Daniel.

Kalau bicara keuntungan, yang namanya usaha jasa tentu Anda bisa mendapatkan margin yang tebal, minimal 50%.

Untuk memulai usaha ini, Anda tidak harus punya profesi sebagai dokter hewan. Yang terpenting Anda adalah seorang pecinta binatang dan punya pengalaman merawat serta memelihara binatang. Dengan pengalaman ini, Anda akan mengenal karakter anabul.

Baca Juga: Ini Tanda-Tandanya Luka Kucing Mengalami Infeksi

"Sebab yang kita jaga ini bernyawa tapi tidak bisa bicara. Jadi, kalau mereka stres atau sakit, kan tidak bilang. Kita yang harus peka," ujar Daniel.

Nah kepekaan tersebut bisa didapat dari pengalaman memelihara hewan peliharaan. Hal ini juga menjadi bekal Anda untuk melatih para tenaga kerja yang akan terjun langsung dalam usaha ini.

Menurut Daniel, pemilik usaha yang pecinta hewan bisa melatih para calon karyawan tentang ilmu-ilmu yang tak tetulis dalam merawat hewan. Tentu saja, "Calon karyawan ini juga harus sayang binatang. Kalau dimulai dari sayang, mereka tak akan segan untuk terus belajar," ujar Daniel yang saat inidibantu oleh 3 karyawan untuk menjalankan usahanya.

Setelah memiliki keahlian dan kepekaan dalam merawat binatang, Anda juga harus punya rekanan dokter hewan. Hal ini untuk memudahkan akses jika hewan di pet hotel Anda, ternyata ada yang sakit.

Dari sisi modal, Anda harus menyiapkan dana sekitar Rp 100 juta di luar pembelian atau untuk sewa lokasi.

Baca Juga: Kucing Tahu Saat Dipanggil? Ini Hasil Penelitiannya

Modal itu dialokasikan untuk membangun area pet hotel dan perlengkapannya. Area yang dibangun adalah kandang, area playground, taman, dan ruang perawatan.

Untuk menampung kapasitas 12 ekor kucing dan 13 anjing, Anda membutuhkan area seluas 250 meter persegi agar nyaman. Lahan ini bisa Anda bagi untuk wilayah kandang, playground, dan taman.

"Kalau di pet hotel kami, ada playground dan taman untuk hewan-hewan bermain. Jadi ada aktivitas luar ruang yang kami jadwalnya untuk mereka," ujar Daniel.

Untuk lokasinya diusahakan jangan persis di pinggir jalan raya. Karena ini akan membahayakan hewan titipan jika kabur. Ada risiko tertabrak atau area kaburnya menjadi luas. Pilih lokasi di pinggir jalan dengan akses mudah tapi jangan di kawasan yang padat atau ramai.

"Pastikan Anda mengantongi izin dari lingkungan sekitar, ya," jelas Daniel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News