HOME, Bugar

Ini Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan Kulit Wajah

Ini Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan Kulit Wajah

MOMSMONEY.ID - Selama ini, mungkin Moms sudah akrab dengan penggunaan minyak zaitun atau olive oil untuk masakan. Namun, minyak zaitun juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit loh, Moms.

Minyak yang sudah lazim jadi bahan masakan wajib di dapur ini memiliki sederet khasiat atawa manfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

Dilansir dari Byrdie, Healthline, dan medicalnewstoday.com, MomsMoney merangkum beberapa manfaat minyak zaitun untuk kulit. Namun, jangan lupa, ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan minyak zaitun untuk kulit wajah. Yuk, disimak!

Baca Juga: Rawat Rambut Rontokmu dengan 7 Cara Ini, Dijamin Ampuh!

1. Melembapkan kulit

Minyak zaitun mengandung zat yang bernama squalene. Zat ini dikenal mampu membantu melembapkan kulit dan bersifat emmolient.

Pelembap yang bersifat emmolient bekerja dengan cara melapisi kulit dengan lapisan pelindung yang membantu mengunci kelembapan yang ada di kulit. Oleh karena itu, minyak zaitun termasuk bahan yang bagus untuk melembapkan kulit wajah.

2. Membersihkan makeup

Mengutip Byrdie, ahli bedah plastik Paul Lorenc mengatakan bahwa minyak zaitun bisa membantu membersihkan makeup yang bersifat waterproof.

Dia juga bilang, penggunaan minyak seperti minyak zaitun untuk membersihkan makeup waterproof dinilai lebih aman untuk kulit. Sebab kandungan minyaknya akan ikut melembapkan dan menutrisi kulit yang sedang dibersihkan.

Namun, penting dicatat bahwa Moms tidak boleh hanya mengandalkan minyak zaitun untuk membersihkan makeup. Supaya sisa makeup dan minyak di wajah bersih seluruhnya, maka Moms perlu pembersih dengan surfaktan seperti sabun wajah atau face wash.

Baca Juga: Moms, Kenali Bahaya Blue Light Saat Menatap Layar

3. Mencegah penuaan dini

Minyak zaitun kaya akan vitamin A, D, E, K, dan antioksidan. Bahan-bahan tersebut sudah dikenal mampu membantu mengatasi kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Artinya, minyak zaitun bisa membantu mencegah penuaan dini di kulit wajah, yang seringkali disebabkan oleh keadaan lingkungan yang tidak bersahabat dengan kulit.

Penggunaan yang tepat

Walaupun memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kulit, perhatikan beberapa hal ini sebelum mengaplikasikan minyak zaitun ke kulit wajah:

  • Minyak zaitun merupakan minyak yang sulit diserap seluruhnya oleh kulit, sehingga bisa menyumbat pori-pori wajah. Usap sisa minyak yang berlebih di wajah setelah mengaplikasikannya.
  • Minyak zaitun bisa memperparah kondisi kulit yang sensitif atau mengalami kondisi tertentu seperti dermatitis. Kulit berminyak juga tidak disarankan untuk menggunakan minyak ini.
  • Gunakan minyak zaitun dengan label extra virgin olive oil (EVOO) untuk meminimalisir iritasi di kulit.

Moms, itu tadi beberapa khasiat minyak zaitun untuk kulit wajah. Jika ingin mencobanya, pastikan cocok dengan kondisi kulit Moms, ya!

Selanjutnya: Bagaimana SIh Cara Merawat Kulit Kering Saat Cuaca Dingin?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News