HOME, Keluarga

Ini Manfaat Mengonsumsi Telur untuk Kucing dan Cara Menyajikannya

Ini Manfaat Mengonsumsi Telur untuk Kucing dan Cara Menyajikannya

MOMSMONEY.ID - Anda tentu akan memilihkan makanan yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan nutrisi kucing peliharaan. Namun, ada kalanya Anda juga ingin memanjakan kucing dengan memberi makanan lain sebagai cemilan. Sayangnya, tak semua makanan cocok untuknya, misalnya buah dan sayuran. Pernahkah Anda berpikir untuk memberinya telur juga?

Anda mungkin sudah tahu bahwa anjing bisa memakan telur. Akan tetapi, belum banyak yang mengetahui apakah kucing bisa makan telur juga atau tidak. Dilansir dari Pawlicy, telur ternyata baik untuk kucing dan dapat dikonsumsi dengan aman dalam jumlah sedang setelah dimasak matang. Ini karena kucing adalah karnivora obligat, yang berarti mereka memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan mengonsumsi protein hewani.

Baca Juga: Kucing Mengeong Keras Tanpa Henti, Apa Penyebabnya?

Manfaat Telur untuk Kucing

Telur adalah sumber protein yang sempurna. Bahkan beberapa peternak menambahkan telur ke makanan kucing untuk memberi mereka cakar yang lebih sehat dan bulu yang lebih berkilau. Namun, telur tidak direkomendasikan sebagai satu-satunya sumber protein makanan untuk kucing, tetapi menjadi pelengkap protein di sisa makanannya.

Selain protein, telur juga menawarkan manfaat lain untuk kucing, antara lain:

  • Vitamin A: mendukung kesehatan bulu, kulit, sistem saraf, dan jantung kucing Anda.
  • Vitamin B12: mendukung sistem saraf, sistem kekebalan, dan sistem pencernaan kucing Anda.
  • Riboflavin , juga dikenal sebagai vitamin B2: meningkatkan produksi sel darah merah dan antibodi yang dibutuhkan kucing Anda untuk mencegah penyakit.
  • Tiamin (Vitamin B1): mendukung metabolisme karbohidrat yang sehat.
  • Vitamin D: mendukung pertumbuhan tulang. Kucing tidak menghasilkan vitamin ini sendiri, mereka juga tidak dapat mensintesisnya seperti kita, itulah sebabnya vitamin ini ditambahkan ke makanan kucing.
  • Vitamin E: sebagai antioksidan yang melawan kerusakan radikal.
  • Seng: sebagai mineral penting yang meningkatkan kualitas rambut dan kulit kucing Anda serta menjaga sistem reproduksinya tetap sehat.
  • Zat besi: bertanggung jawab untuk menjaga sel darah merah tetap sehat. Jika hewan peliharaan Anda tidak mendapatkan cukup zat besi dalam makanannya, mereka bisa menjadi anemia.
  • Taurin hanya dapat ditemukan dalam protein hewani dan diperlukan untuk menjaga kesehatan mata dan jantung. Kucing tidak dapat memproduksi taurin sendiri, sehingga sering ditambahkan sebagai suplemen makanan kucing.
  • Asam amino: telur sangat kaya akan asam amino, bahan penyusun protein. Kucing membutuhkan sebelas asam amino esensial dan sepuluh ditemukan dalam telur.
  • Biotin: membantu kucing memproses dan mengeluarkan protein, mendukung kelenjar adrenal dan tiroid, dan meningkatkan kualitas bulu dan kulit mereka.
  • Tidak ada karbohidrat . Sebagai karnivora obligat, kucing tidak membutuhkan karbohidrat. Telur bebas dari karbohidrat dan merupakan sumber protein murni

Baca Juga: Begini Cara Tepat Membersihkan Telinga Kucing Peliharaan

Cara Menyajikannya Telur untuk Kucing

Kucing tiak membutuhkan banyak kalori, rata-rata kucing seberat 4,5 kg hanya membutuhkan sekitar 150-200 kalori per hari. Sementara jumlah telur yang dikonsumsi kucing tidak boleh lebih dari 10% dari asupan kalori hariannya. Terlalu banyak telur mungkin dapat membuat mereka sakit. Jadi, berikan satu buah telur untuk cemilan yang Anda berikan kadang-kadang. Faktanya, satu telur mengandung 90 kalori dan itu sama dengan sekitar delapan telur untuk manusia bagi kucing.

Anda dapat merebusnya dahulu sebelum memberikannya ke kucing. Telur matang lebih baik daripada yang mentar karena mengurangi risiko terinfeksi bakteri salmonella. Salmonella dapat menyebabkan gejala GI seperti muntah dan diare. Kucing juga bisa makan telur orak-arik tanpa minyak, bumbu, dan garam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News