Bugar

Ini Manfaat dan Kandungan Pepaya yang Baik untuk Penderita Asam Lambung

Ini Manfaat dan Kandungan Pepaya yang Baik untuk Penderita Asam Lambung

MOMSMONEY.ID - Buah pepaya mengandung banyak nutrisi penting untuk kesehatan. Buah manis ini juga sering dimanfaatkan untuk meredakan asam lambung.

Ini karena kandungan enzim yang disebut papain. Enzim ini penting dalam meredakan asam lambung dan mengandung antioksidan untuk meredakan penyakit asam lambung.

Buah pepaya juga baik untuk sistem pencernaan tubuh.

Dilansir dari Mayo Clinic dan Healthline, inilah beberapa manfaat dan kandungan nutrisi pepaya yang baik untuk penderita asam lambung.

Dapat meningkatkan pencernaan

Manfaat dan kandungan nutrisi pepaya untuk penderita asam lambung yaitu dapat meningkatkan pencernaan. Enzim papain dalam pepaya dapat membuat protein lebih mudah dicerna.

Banyak orang di daerah tropis menganggap pepaya sebagai obat untuk meredakan asam lambung, sembelit, dan gejala lain dari sindrom iritasi usus besar. 

Baca Juga: Mengatasi Asam Urat dengan Bahan Alami

Mengonsumsi buah pepaya maupun suplemen pepaya selama 40 hari, mengalami peningkatan signifikan dalam meredakan asam lambung, sembelit, dan kembung. 

Kaya kandungan nutrisi

Manfaat dan kandungan nutrisi pepaya untuk penderita asam lambung selanjutnya adalah kaya kandungan nutrisi. Pepaya yang masih mentah pun bisa dimakan.

Namun, bagi ibu hamil sebaiknya menunggu pepaya benar-benar matang. Karena buah mentah mengandung latek yang tinggi, yang dapat merangsang kontraksi. 

Mengenai nutrisi, satu buah pepaya kecil (152 gram) mengandung:

  • Kalori: 59 kkal
  • Karbohidrat: 15 gram
  • Serat: 3 gram
  • Protein: 1 gram
  • Vitamin C: 157% 
  • Vitamin A: 33%
  • Folat (vitamin B9): 14%
  • Kalium: 11%

Baca Juga: Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Membantu Meredakan Sakit Maag

Meredakan asam lambung

Selanjutnya, manfaat dan kandungan nutrisi pepaya untuk penderita asam lambung adalah dapat meredakan asam lambung. 

Enzim papain dalam pepaya membantu melancarkan pencernaan dan meredakan asam lambung. Kandungan ini mengurangi gejala asam lambung, seperti sensasi panas di dada (heartburn).

Itulah nutrisi dan manfaat buah pepaya untuk meredakan asam lambung. Jadi, jangan ragu untuk menambahkan buah pepaya ke dalam jadwal makan sehari-hari.

Jika asam lambung Anda tidak dapat diredakan dengan mengonsumsi buah pepaya, maka saatnya untuk berkonsultasi kepada dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News