Bugar

Ini Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan Tubuh. Simak Penjelasannya di Sini!

Ini Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan Tubuh. Simak Penjelasannya di Sini!

MOMSMONEY.ID - Salak menjadi buah yang cukup populer di Indonesia. Buah yang berasal dari Sumatra dan Jawa ini memiliki kulit berwarna coklat dan bersisik kasar.

Di balik kulitnya yang menyerupai sisik, manfaat salak bagi kesehatan sangat beragam. Dengan mengonsumsi salak, Anda bisa memperkuat sistem imunitas tubuh dan menangkal radikal bebas sambil menikmati rasa manis dan kerenyahannya.  

Salak mengandung beragam vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh, seperti vitamin C, vitamin B2, kalium, kalsium, fosfor, folat, dan zat besi. 

Baca Juga: Kenali Penyebab Insomnia dan Cara Ampuh Mengatasinya

Dilansir dari Healthline dan Web MD, berikut beberapa manfaat salak yang bisa dirasakan untuk kesehatan tubuh, antara lain: 

Mencerahkan kulit

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak salak dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mencerahkan kulit berkat kandungan vitamin C di dalamnya. 

Senyawa flavonoid ini terbukti efektif untuk menurunkan kadar senyawa pigmen yang memberikan warna pada kulit sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan krim pemutih kulit. 

Menjaga kesehatan pankreas

Di dalam salak, ada kandungan yang bisa meregenerasi sel pankreas. Organ pankreas yang sehat dibutuhkan oleh penderita diabetes.

Pasalnya, penderita diabetes tidak bisa menghasilkan insulin yang normal akibat penurunan fungsi sel pankreas. 

Mencegah sembelit

Masih banyak masyakarat yang percaya bahwa mengonsumsi salak bisa menyebabkan sembelit atau susah buang air besar (BAB).

Faktanya, ini hanyalah mitos belaka karena konsumsi salak secukupnya justru dapat membantu mencegah terjadinya sembelit. 

Pasalnya, serat dalam salak mampu meningkatkan kesehatan saluran cerna, meningkatkan bakteri baik di usus, dan membuat tinja menjadi lebih lunak sehingga mudah untuk dikeluarkan. 

Baca Juga: Selain Menjaga Kesehatan Kulit, Ini 5 Manfaat Mengonsumsi Nangka

Mengontrol diabetes

Salak mengandung nutrisi yang dibutuhkan penderita diabetes. Hal ini sangat baik untuk penderita diabetes yang sering kali mengalami masalah kolesterol. 

Bahkan tidak hanya itu, penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan antioksidan dan asam asetat pada salak memiliki potensi antidiabetic. 

Mengontrol kadar gula darah

Manfaat salak juga mengandung pterostilbene yang merupakan agen penurun glukosa darah yang membantu dalam mengendalikan diabetes. 

Mengingat manfaat buah salak itu, diajurkan untuk dikonsumsi rutin karena bermanfaat untuk menurunkan kadar glukosa darah. 

Meski beberapa manfaat salak perlu untuk diteliti lebih lanjut, Anda tetap bisa menjadikan buah ini sebagai camilan atau makanan penutup yang menyehatkan.

Namun, jangan lupa untuk tetap mengosumsi makanan bergizi lainnya agar nutrisi yang didapat lebih beragam, sehingga kesehatan dapat lebih terjaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News