Santai

Ini Lo Penyebab Banyak Tikus Di Rumah Anda

Ini Lo Penyebab Banyak Tikus Di Rumah Anda

MOMSMONEY.ID -  Tikus adalah salah satu hewan pengerat yang mengganggu kenyamanan para penghuni rumah. Jika Anda salah satu yang merasa terganggu, yuk kenali lingkungan yang nyaman bagi tikus dan menyebabkan banyak tikus di rumah. 

Melansir Kompas, hewan pengerat yang satu ini memang cukup merugikan penghuni rumah. Mulai dari merusak segala macam perabotan, banyak makanan yang rusak hingga menyebarkan beberapa penyakit. 

Sebelum membasminya, yuk kenali terlebih dulu lingkungan yang nyaman bagi tikus dan menyebabkan banyak tikus bersarang di rumah.

Baca Juga: Inilah 5 Buah yang Bagus Dikonsumsi saat Puasa, Apa Saja?

1. Banyak makanan yang bisa tikus dapatkan
Makanan menjadi alasan umum bagi tikus nyaman bersarang di rumah Anda. Tikus adalah hewan omnivora atau pemakan segala. Jadi apapun makanan yang ada di tempat terbuka dan mudah diakses akan jadi makanan bagi tikus.
Nah biasanya tikus akan melintas di area tong sampah, dapur atau meja makan yang tidak tertutup. Mereka mengetahui ketiga tempat inilah yang menjadi sumber mereka mencari makan. Nah untuk mengusir tikus dari rumah, ada baiknya Anda menyimpan makanan di tempat yang tertutup.

2. Tikus menyukai suhu hangat
Tikus adalah hewan pengerat yang memiliki darah panas, sehingga mereka menyukai tempat yang hangat untuk bersarang. Maka dari itu, tempat yang biasanya disukai tikus adalah loteng, gudang, ruang lembap di dapur atau di dekat kamar mandi. 
Coba periksa area-area tersebut. Perhatikan apakah ada akses yang memudahkan tikus bersarang di sana. Jika ada, segera tutup akses tersebut. 

3. Area yang berantakan juga lokasi favorit tikus
Selain 2 alasan di atas, kenapa tikus suka bersarang di rumah Anda mungkin karena ada area yang berantakan di hunian Anda. Tikus memang punya kecenderungan untuk tinggal di area yang terawat. 
Coba perhatikan gudang Anda, bisa jadi gudang yang kotor ini menjadi sarang tikus. Maka dari itu Anda perlu merapikan area gudang, garasi atau loteng. 

4. Tanaman
Ternyata tikus juga suka tinggal di tanaman yang rimbun. Jika Anda memiliki halaman luas dan banyak tanaman, bisa jadi ini alasan kenapa tikus nyaman bersarang di rumah Anda. 
Area ini bisa menjadi area yang hangat dan cocok bagi mereka untuk bersarang bahkan berkembang biak. Maka dari itu Anda juga perlu merawat area tanaman di halaman Anda secara rutin.

Baca Juga: Ingin Tubuh Tetap Bugar Saat Puasa? Coba 4 Latihan Stretching dari Pamela Reif Ini

Demikian alasan kenapa tikus senang bersarang di rumah Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News