Keluarga

Ini lo Manfaat Minyak Zaitun, Bisa Merawat Furnitur di Rumah

Ini lo Manfaat Minyak Zaitun, Bisa Merawat Furnitur di Rumah

MOMSMONEY.ID - Simak manfaat dan cara memanfaatkan minyak zaitun untuk merawat furnitur baja dan kayu di rumah.

Jika Anda memiliki furnitur terbuat dari baja, kuningan, dan kayu tentu masing-masing punya cara perawatan tersendiri. Nah, minyak zaitun bisa menjadi solusi untuk keduanya. 

Melansir House Digest, minyak zaitun bermanfaat untuk memperbaiki kondisi furnitur atau peralatan masak yang terbuat dari baja, kuningan, dan kayu.

Minyak zaitun bahkan bisa untuk membersihkan dan secara khusus memberikan asupan minyak yang dibutuhkan kayu. 

Baca Juga: Tahukah Anda? Minyak Zaitun Bisa untuk Merawat Barang dari Kulit

Cara menggunakan minyak zaitun untuk membuat baja anti karat mengkilap

Terkadang, baja anti karat dan kuningan bisa terlihat sedikit kusam. Jika Anda mengalami ini, jangan buru-buru menggunakan bahan pembersih yang keras.

Bahan ini dapat merusak baja dan memengaruhi penampilannya. Sebaiknya, gunakan minyak zaitun untuk membuat baja anti karat dan kuningan mengilap.

Caranya mudah, Anda hanya membutuhkan sedikit minyak zaitun dan gosok dengan lembut menggunakan kain yang lembut. Sebab, jika terlalu banyak justru minyak zaitun akan meninggalkan bekas noda. 

Sebagai tambahan, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk mencegah noda, korosi, dan goresan pada logam dan kuningan.

Sehingga, minyak zaitun tidak hanya untuk membuat baja mengilap, tetapi juga mengatasi permasalahn yang kerap terjadi pada baja dan kuningan.

Baca Juga: Ini Warna Seprai yang Tepat biar Tidur Anda Lebih Nyenyak

Merawat furnitur yang terbuat dari kayu

Sebagai bahan yang alami, kayu dapat mengering pada iklum tertentu atau karena penuaan. Minyak alami yang ada pada furnitur kayu biasanya menguap seiring dengan berjalannya waktu.

Inilah yang membuat kayu kering dan terlihat kurang berkilau. Sehingga, Anda perlu menambahkan sedikit minyak untuk membantu kayu memulihkan minyak yang hilang.

Nah, Anda bisa menggunakan minyak zaitun. Cara merawat furnitur kayu hanya membutuhkan satu sampai dua tetes minyak zaitun. Kemudian lap dengan kain bersih. Minyak zaitun akan membuat kayu bersinar dan lebih lembab.

Tak hanya untuk furnitur kayu, cara ini juga bisa Anda gunakan untuk barang lain yang terbuat dari kayu seperti talenan. Minyak zaitun juga bisa menghilangkan debu di furnitur kayu Anda, lo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News