Santai

Ini Lo Etika Menggunakan Toilet Umum Yang Wajib Anda Perhatikan

Ini Lo Etika Menggunakan Toilet Umum Yang Wajib Anda Perhatikan

MOMSMONEY.ID -  Menggunakan toilet umum ternyata tetap memiliki etika yang harus Anda perhatikan. Etika ini berfungsi menjaga kenyamanan para pengguna lainnya juga. 

Pernahkah Anda merasa tak nyaman saat selesai menggunakan toilet karena pengguna setelah Anda langsung masuk? Atau Anda merasa terganggu karena ada pengguna lain yang mengobrol terlalu keras? Jika pernah, mungkin Anda perlu membagikan etika menggunakan toilet umum kepada sekitar Anda. 

Baca Juga: Ramaikan Parfum Lokal, Over Heard Beauty Luncurkan Parfum Layr Fragrance

Etika menggunakan toilet umum berlaku untuk semua orang, termasuk Anda yang sudah sering travelling hingga para pejabat tinggi. Melansir Reader’s Digest ada 8 etika menggunakan toilet yang perlu Anda perhatikan. 

Berikut 8 etika menggunakan toilet umum yang perlu Anda pahami
1. Beri jeda untuk pengguna lain

Etika pertama menggunakan toilet umum adalah jangan berkerumun. Di toilet umum yang menyediakan banyak bilik, usahakan jangan memilih bilik yang bersebelahan dengan pengguna lain. Anda perlu menghormati privasi sesama pengguna lainnya. 

2. Hindari menggunakan toilet khusus untuk penyandang disabilitas

Etika kedua menggunakan toilet umum adalah sebisa mungkin tidak menggunakan toilet khusus penyandang disabilitas. Meski Anda sangat membutuhkannya. Sebab, Anda tak pernah tahu setelah Anda masuk ada pengguna yang sangat membutuhkannya. Hindari melakukan hal ini untuk mengurangi perasaan bersalah Anda. 

3. Jangan menjabat tangan jika tangan Anda belum kering

Etika ketiga menggunakan toilet umum adalah jangan melakukan jabat tangan saat tangan Anda basah. Pasalnya orang yang Anda jabat tangannya bisa bertanya-tanya dalam hati apakah tangan Anda benar-benar basah karena air bersih atau lainnya?

4. Fokus pada tangan Anda

Etika keempat menggunakan toilet umum ini berlaku saat Anda menggunakan wastafel. Selama Anda mencuci atau mengeringkan tangan, tundukan kepala dan fokus pada kebersihan tangan Anda. Hindari melakukan kontak mata dengan pengguna lain yang tidak Anda kenal. 

5. Jangan menggunakan HP di toilet umum

Etika keempat saat menggunakan toilet umum sebaiknya hindari mengeluarkan HP. Bagi beberapa orang, penggunaan HP di toilet membuat muncul perasaan tak nyaman. 

Misalnya Anda mengambil foto di toilet. Jika ada pengguna lain di belakang Anda dan terpotret, belum tentu mereka nyaman. Jika Anda membutuhkan HP untuk membaca informasi keluarkan hanya saat Anda berada di bilik toilet.

6. Jangan memonopoli gulungan tisu

Biasanya di toilet umum telah disediakan gulungan tisu untuk dipakai bersama-sama. Maka jangan memonopolinya dengan membawanya ke bilik. Anda juga sebaiknya menyisakan beberapa tisu apabila hanya tinggal sedikit. Atau minta gulungan baru dengan petugas toilet, sehingga pengguna selanjutnya tak perlu kebingungan mencari tisu.

7. Jaga keheningan di toilet umum

Apabila di toilet umum sedang sepi dan perut Anda sakit, silakan lakukan apa yang perlu Anda lakukan namun usahakan tetap tenang sebisa mungkun. Anda bisa meredam suara kentut atau bunyi lainnya yang muncul dengan menyalakan keran di toilet. 

8. Hindari terlalu banyak berbicara

Etika di toilet umum yang terakhir adalah hindari ngobrol di toilett. Biasanya hal ini sulit dihindari oleh para perempuan yang ke toilet bersama teman dekatnya. Namun suara Anda akan terdengar lebih keras jika berbicara di dalam toilet. 

Padahal pengguna lainnya tak perlu mengetahui apa yang sedang Anda bicarakan. Sehingga usahakan jangan terlalu banyak bicara di dalam toilet dan kecilkan volume suara Anda saat ngobrol. 

Baca Juga: Tak Perlu Bingung, Begini Cara Kirim Uang dari LinkAja ke DANA

Demikian 8 etika menggunakan toilet umum yang perlu Anda pahami demi kenyamanan bersama. Mulai dari diri Anda dan biarkan yang lain mengikuti contoh ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News