Keluarga

Ini lo Cara Supaya Rumah atau Kamar Anda Bisa Kedap Suara

Ini lo Cara Supaya Rumah atau Kamar Anda Bisa Kedap Suara

MOMSMONEY.ID - Suara klakson mobil atau tetangga yang berteriak di saat Anda istirahat pasti sangat mengganggu. Supaya waktu Anda di rumah semakin nyaman, cari tahu cara supaya ruangan Anda bisa kedap suara. 

Suara berisik dari luar rumah bisa membuat suasana hati Anda jadi buruk. Namun, suara berisik ini tak bisa dihindari kecuali Anda membangun rumah kedap suara.

Melansir The Spruce, ternyata ada cara mudah membuat rumah atau kamar Anda kedap suara tanpa biaya yang sangat mahal. Mulai dari memasang panel akustik, membuat pintu jadi kedap suara atau menutup jendela jadi kedap suara.

Yuk, simak lebih lanjut bagaimana caranya.

Baca Juga: Harga BBM Pertamina per 1 Maret 2023: Pertamax Naik, Dexlite Turun

Cara supaya rumah atau kamar Anda bisa kedap suara

1. Menggunakan panel akustik

Panel akustik untuk membuat rumah atau kamar Anda kedap suara bisa dalam bentuk papan atau kauan yang digantung di dinding.

Mengutip Acourete, panel akustik ini biasa ditemukan di studio musik. Panel ini biasanya berwarna hitam dan ditempel memenuhi dinding studio musik.

Tapi, saat ini banyak model panel akustik yang bisa membuat rumah Anda jadi lebih cantik. 

2. Gunakan segel karet di pintu Anda

Jika Anda masih bisa mendengar suara orang berbicara dari luar, mungkin saja penyebabnya adalah celah pada pintu atau jendela. Suara ini bisa masuk melalui celah tersebut, karena suara bisa terdengar melalui aliran udara yang masuk. 

Apabila Anda ingin membuat ruangan kedap suara, pasang segel karet ini di celah pintu atau jendela. Selain bisa mencegah suara masuk, segel ini bisa membantu Anda mencegah debu atau serangga masuk ke dalam rumah. 

3. Gunakan gorden 

Untuk membuat ruangan kedap suara, Anda bisa memasang gorden yang tebal di pintu depan. Gorden ini bisa menyerap suara berisik yang masuk melalui celah pintu. 

Baca Juga: Apa Itu Energi Vampir? Ini Cara Menghindarinya di Rumah

4. Gunakan sesuatu yang lembut di ruangan Anda

Suara dipantulkan oleh permukaan yang keras seperti dinding, lantai, dan langit-langit. Coba perhatikan saat Anda berbicara di ruang yang kosong, suara Anda seperti dipantulkan dan menambah kebisingan. 

Nah, solusi untuk membuat ruangan kedap suara adalah menambahkan sesuatu yang lembut seperti karpet bulu atau karpet busa di ruangan. 

5. Menggunakan rak pada dinding yang tipis

Jika Anda memiliki dinding yang tipis di rumah, solusinya adalah menambahkan rak yang diisi dengan barang-barang berat seperti buku. Benda yang berat dapat menahan getaran sehingga bisa mengurangi transmisi suara. 

Pastikan Anda memiliki rak yang pas dengan ukuran dinding, lantai dan langit-langit. Sehingga, tidak ada celah bagi udara masuk.

Demikian 5 cara membuat rumah dan ruangan Anda bisa kedap suara. Semoga informasi ini bermanfaat dengan Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News