Keluarga

Begini Cara Menghindari Penipuan Scam yang Mengatasnamakan CS Bank

Begini Cara Menghindari Penipuan Scam yang Mengatasnamakan CS Bank

MOMSMONEY.ID - Saat ini, penipuan siber masih saja terus terjadi, salah satunya penipuan scam yang mengatasnamakan CS bank tertentu. Yuk, simak cara menghindari penipuan scam itu.

Melansir Kompas, scam yang mengatasnamakan CS bank tertentu ini termasuk dalam motode kejahatan phishing.

Metode ini dilakukan pelaku dengan mengirim pesan melalui e-mail, pesan singkat, atau telepon yang mengatasnamakan petugas bank atau customer service (CS). 

Baca Juga: Tips Lenyapkan Rasa dan Bau Gosong yang Menyengat pada Makanan

Pelaku biasanya akan menawarkan bantuan kendala transaksi Anda. Padahal, sebenarnya mereka hendak melakukan pencurian data nasabah bank supaya bisa mengakses sumber dana di rekening nasabah.

Mengutip laman Bank Jago, penipu yang mengatasnamakan CS bank tertentu akan meminta data pribadi, CVV kartu Anda, dan kode OTP.  

Nah, untuk menghindarinya ada tiga cara yang bisa Anda lakukan. 

Biasanya, scam yang mengatasnamakan CS bank tertentu ini akan melakukan pemaksaan, dan berbicara dengan bahasa Indonesia yang tidak terlalu baku. Bahkan, terkadang mereka akan menelepon di luar jam operasional bank. 

Baca Juga: Lakukan Sejak Dini, Ini 5 Cara Merawat Kesehatan dan Kecantikan Kulit Anak

Jika Anda menemukan ciri-ciri di atas, ini tiga hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari penipuan scam yang mengatasnamakan bank tertentu:

Pertama, Anda bisa berpura-pura sedang sibuk atau dalam keadaan darurat. Jadi Anda bisa segera menutup teleponnya. 

Kedua, segera tutup saja telepon Anda tanpa perlu berbasa-basi. Kemudian segera blok nomor tersebut.

Ketiga, daftarkan nomor ponsel penipu tersebut dengan aplikasi pelacak nomor. Laporkan sebagai nomor penipuan untuk mencegah nasabah lain terjebak pada penipuan tersebut. 

Demikian cara menghindari scam yang mengatasnamakan CS bank tertentu. Biasanya perbankan akan menghubungi Anda dengan nomor resmi yang sudah diinformasikan kepada publik melalui situs resmi mereka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News