Santai

Ini Lo Bedanya Pengucapan Lunar New Year vs Chinese New Year

Ini Lo Bedanya Pengucapan Lunar New Year vs Chinese New Year

MOMSMONEY.ID - Perayaan Imlek jatuh pada tanggal 22 Januari 2023, mana yang lebih tepat mengucapkan Happy Lunar New Year atau Happy Chinese New Year

Apa sebenarnya sebutan yang benar Chinese New Year vs Lunar New Year? Meski di Indonesia sebenarnya kedua sebutan ini terlihat tak memiliki perbedaan. Ternyata bagi beberapa wilayah ada perbedaannya. Yuk simak perbedaan kedua sebutan tersebut. 

Melansir China Highlights, ada perbedaan antara Chinese New Year dan Lunar New Year. Meskipun kedua sebutan ini terhubung, ada perbedaan antara keduanya. 

Baca Juga: Pahami 5 Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Benar dan Alami

Perbedaan sebutan perayaan Imlek antara Lunar New Year vs Chinese New Year

1. Setiap daerah memiliki cara perayaan dan nama yang berbeda pada perayaan tahun baru
Lunar New Year dirayakan di banyak daerah di Asia seperti China, Vietnam, Korea, Singapura dan Malaysia. Meskipun beberapa tradisi dilakukan secara bersamaan, namun tetap ada keunikan masing-masing. 

Di China, Lunar New Year disebut dengan Chunjie atau Festival Musim Semi atau Tahun Baru China atau Chinese New Year. Ini menandai tanda baru dari 12 siklus shio China. Biasanya dirayakan dengan memasang lampion, makan bersama, menyalakan kembang api dan membagi angpau.

Sementara itu di Vietnam, Lunar New Year dikenal dengan nama Tet atau Vietnamese New Year sesuai dengan zodiac di negara ini. Adapun Vietnam mengenal shio kucing bukan kelinci dan kerbau bukan Ox. 

Di Korea Selatan, Lunar New Year dikenal dengan nama Seollal. Selama festival, penduduk Korea akan menggunakan hanbok, melakukan persembahan untuk leluhur dan memakan makanan tradisional mereka. 

2. Chinese New Year lebih spesifik dibandingkan Lunar New Year
Chinese New Year biasanya merujuk pada saat tradisi dan budaya Tionghoa dirayakan. Sementara Lunar New Year merujuk pada seluruh perayaan saat menyambut tahun baru berdasarkan kalender lunar. 

Nah menariknya, sebutan Lunar New Year dan Chinese New Year di luar China bisa dianggap ofensif jika digunakan terbalik. Sebab hal ini dinggap sebagai bentuk mengabaikan budaya yang memiliki keunikannya masing-masing. 

Baca Juga: Promo Jenius Jelang Imlek, Nonton Cuma Rp 12.222 Hingga Cashback Belanja di Uniqlo

3. Chinese New Year dan Lunar New Year bisa memiliki tanggal yang berbeda. 
Ada beberapa negara yang memiliki perhitungan sama pada kalendar China seperti Korea, Jepang dan Vietnam. Sehingga beberapa negara ini merayakan Lunar New Year hampir bersamaan atau di waktu yang sama. 
Namun ada beberapa negara yang memiliki kalender lunar mereka sendiri. Sehingga perayaan Lunar New Year mereka pun berbeda seperti wilayah Mongolia. 
Saat ini Chinese New Year selalu dirayakan pada bulan baru keduasetelah titik balik matahari, yang jatuh pada akhir Januari - pertengahan Februari. Sementara Lunar New Year biasa dirayakan pada bulan baru pertama setelah titik balik matahari musim dingin. 

4. Kontroversi antara penyebutan Chinese New Year dan Lunar New Year
Terminologi perayaan Imlek dengan sebutan Chinese New Year dan Lunar New Year membawa kontroversi tersendiri. Beberapa mengatakan penyebutan Chinese New Year tidak peka pada negara lain yang merayakan festival yang sama ditanggal yang sama. 

Di sisi lain, Lunar New Year juga dianggap mengabaikan tradisi dari perayaan Imlek yang mungkin jatuh di tanggal yang berbeda dan memiliki perayaan yang sangat berbeda. 

Baca Juga: Perayaan Tahun Baru Imlek 2023, Bagaimana Prediksi Tahun Kelinci?

Jadi sebaiknya bagaimana kita menyebut perayaan Imlek, Happy Chinese New Year atau Happy Lunar New Year
Sejatinya, tidak masalah dengan penyebutan keduanya selama tidak ada tujuan yang ‘menyerang’, sangat aman untuk diucapkan sebagai tanda berbahagia. 
Namun, jika Anda tengah berhadapan dengan penduduk Asia yang sangat memegang teguh perayaan tahun baru mereka, maka paling aman menggunakan kata-kata Lunar New Year. Seperti kepada penduduk Vietnam. 

Demikian informasi mengenai perbedaan ucapan Happy Chinese New Year vs Happy Lunar New Year. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News