Keluarga

Ini lo 3 Waktu Terbaik untuk Minum Kopi, Sudah Tahu?

Ini lo 3 Waktu Terbaik untuk Minum Kopi, Sudah Tahu?

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 3 waktu terbaik untuk minum kopi, yuk. Untuk para pecinta kopi, sudahkah Anda tahu waktu terbaik untuk minum kopi?

Melansir Livestrong.com, ada 3 waktu terbaik untuk minum kopi. Waktu-waktu ini dianggap baik untuk minum kopi karena bisa memaksimalkan efek energinya.

Catat, berikut ketiga waktu terbaik minum kopi:

Baca Juga: 4 Rekomendasi Toner untuk Kulit Kering Harga di Bawah Rp 50.000, Murah tapi Bagus

1. Pertengahan pagi

Waktu terbaik untuk minum kopi yang pertama pada pertengahan pagi. Kopi mengandung kafein dan stimulan yang dapat meningkatkan kadar kortisol.

Kortisol adalah hormon stres utama tubuh yang juga membantu mengatur metabolisme, sistem kekebalan, dan gula darah.

Tingkat kortisol secara alami melonjak dan memuncak sekitar 30-45 menit setelah bangun tidur. Karena kortisol mampu merangsang metabolisme, maka ada lebih banyak energi dan kewaspadaan selama waktu-waktu itu.

Untuk menghindari lonjakan kortisol yang besar, minumlah secangkir kopi pertama Anda sekitar 1 jam setelah Anda bangun. Beberapa penelitian mengatakan, kortisol masih tinggi ketika pertama kali bangun tidur.

Jadi, tunggulah beberapa saat sampai kortisol menjadi lebih rendah sebelum menikmati kopi pagi Anda.

2. Sebelum berolahraga

Waktu terbaik untuk minum kopi yang kedua yaitu sebelum berolahraga. Efek kopi akan terasa segera setelah Anda meminumnya.

Jadi, jika Anda membutuhkan energi ekstra untuk berolahraga atau melakukan pekerjaan yang penting, minumlah kopi 30 menit sebelumnya.

Minum kopi sebelum berolahraga dapat memberikan Anda lebih banyak energi sebelum dan pada saat berolahraga.

Minum kopi sebelum berolahraga juga bisa membantu fokus dan koordinasi serta mengurangi persepsi nyeri, menurut Neuroscience & Biobehavioral Reviews pada Desember 2016.

Baca Juga: Khas Banget, Ini 4 Tips Perawatan Kulit ala Wanita Arab yang Menarik untuk Anda Coba

3. Setelah tidur malam yang buruk

Waktu terbaik untuk minum kopi yang ketiga ialah setelah tidur malam yang buruk.

Dalam sebuah studi di Sleep pada Oktober 2016, para peneliti menilai jumlah kafein yang dibutuhkan orang yang kurang tidur untuk merasa seperti tidur dengan nyenyak.

Hasilnya, orang-orang yang kurang tidur dapat merasa seperti tidur nyenyak dan waspada dengan minum kopi sebanyak 200 miligram (2 cangkir) tepat setelah bangun tidur dan 200 miligram lagi 4 jam kemudian.

Itulah 3 waktu terbaik untuk minum kopi. Hanya, kopi membutuhkan waktu yang lama untuk dibersihkan oleh tubuh.

Oleh sebab itu, orang yang sensitif terhadap kafein disarankan untuk tidak minum kopi setelah tengah hari atau pada sore hari guna mencegah kesulitan tidur pada malam hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News