HOME, Keluarga

Ini Lama Anak Kucing Menyusu ke Induknya

Ini Lama Anak Kucing Menyusu ke Induknya

MOMSMONEY.ID - Sebagai hewan mamalia, kucing tidak hanya melahirkan, tetapi juga menyusui anaknya. Begitu induk kucing melahirkan, anak-anak kucing harus langsung menerima susu pertama yang dihasilkan oleh induk kucing. Penyusuan pertama ini berlangsung selama 12 hingga 24 jam.

Susu ini memiliki nutrisi penting yang disebut colostrum, agar anak kucing yang baru lahir dapat tumbuh dengan baik dan sehat. Dilansir dari Proplan.co.id, colostrum adalah nutrisi yag mengandung antibodi.

Setelah 3 hari, air susu mulai mengandung banyak kalori, tetapi tidak untuk colostrum. Kalori ini berfungsi untuk memberikan tenaga pada anak kucing karena mereka membutuhkan banyak energi.

Baca Juga: Ini 4 Alasan Kenapa Kucing Mengeong Keras Tanpa Henti

Pada masa-masa bayi, kucing akan menyusu setiap 1-2 jam sekali dan setiap menyusu kucing menghabiskan waktu 3-5 menit. Anak kucing menyusu ke induknya sampai umur 4 minggu atau 1 bulan. Induk kucing biasanya akan membatasi pemberian susu menginjak usia 25-30 hari. Pada masa inilah anak kucing mulai disapih.

Proses penyapihan ini memiliki beberapa alasan bagi induk kucing. Dilansir dari goldenmaze.net, ada 3 alasan kenapa induk kucing menyapih anaknya. Pertama, air susu kucing sudah mulai mengering, anak kucing sudah memiliki gigi dan kuku yang tajam, dan induk kucing ingin melatih anaknya mencari makan.

Baca Juga: Begini Cara Mengetahui Kucing Betina Peliharaan Anda Sedang Hamil

Namun, anak kucing akan mengurangi menyusu ke induknya saat usia 4-5 minggu. Di masa ini, anak kucing mulai belajar makan makanan kucing yang lunak atau makanan yang dicairkan oleh pemilik mereka. Meskipun mulai proses penyapihan, anak kucing harus tetap bersama induk mereka karena induk akan lebih tahu apa yang harus dilakukan.

Hingga diumur 8-12 minggu, mereka berhenti menyusu sama sekali. Artinya, mereka harus mendapatkan gizi dan nutrisi yang berasal dari makanan yang mereka makan. Sebagai pemilik, Anda dapat memberikan makanan basah atau kering khusus kitten (anak kucing). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News