HOME, Keluarga

Ini Kelebihan Rumah Tumbuh yang Perlu Anda Ketahui

Ini Kelebihan Rumah Tumbuh yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Kondisi di masa depan kadang menjadi salah satu pertimbangan utama seseorang saat akan membeli rumah.

Untuk pasangan muda dan keluarga kecil, kondisi yang biasanya dipertimbangkan adalah kemungkinan anggota keluarga yang bertambah. Jadi, rumah yang akan ditempati harus mampu menampung tambahan anggota keluarga tersebut.

Namun, tidak semua pasangan atau keluarga mampu membeli atau membangun rumah besar karena keterbatasan biaya. Menggunakan konsep rumah tumbuh pun menjadi solusi yang bisa ditempuh.

Baca Juga: Berkualitas dan Cantik, Kenali Ciri Khas dan Kelebihan Kayu Mahoni

Dilansir dari Pinhome, rumah tumbuh atau growing house adalah konsep rumah yang dibangun menjadi beberapa tahap. Umumnya, rumah ini dibangun di atas lahan yang cukup luas supaya nantinya mampu menampung pembangunan bagian rumah yang baru.

Nah, kira-kira apa saja kelebihan dari konsep rumah yang satu ini? Yuk, simak penjelasannya di bawah!

Pembangunan bisa dilakukan bertahap

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, rumah tumbuh adalah rumah yang pembangunannya bisa dilakukan bertahap.

Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi Anda yang memiliki keterbatasan biaya. Anda tidak perlu langsung membeli rumah berukuran besar, melainkan cukup membeli rumah kecil yang bisa diperluas lagi.

Pembangunan bisa disesuaikan dengan budget

Sedikit berkaitan dengan poin sebelumnya, pembangunan rumah tumbuh bisa disesuaikan dengan budget atau anggaran yang Anda miliki.

Jadi, Anda cukup mengumpulkan uang dalam jumlah tertentu, lalu memperluas bangunan tanpa memulai dari nol jika dana sudah dirasa cukup.

Jadwal pembangunan dapat diatur sendiri

Selain dapat menyesuaikan dengan budget, pembangunan rumah tumbuh juga dapat disesuaikan dengan jadwal yang Anda atur sendiri.

Anda pun bisa menambah luas rumah hanya jika diperlukan, misalnya ketika ada tambahan anggota keluarga di rumah atau memiliki anak-anak yang mulai membutuhkan kamar sendiri.

Baca Juga: Membandingkan Listrik Prabayar dan Pascabayar, Mana yang Lebih Baik?

Desain rumah dan kebutuhan ruangan bisa diatur sendiri

Dikutip dari 99.co, salah satu keuntungan tinggal di rumah tumbuh adalah kontrol penuh dalam menentukan desain dan kebutuhan ruangan pada rumah tersebut.

Karena tidak dibatasi oleh aturan-aturan tertentu, Anda dapat mendesain ulang dan menambah ruangan di dalam rumah, bahkan menambah lantai jika diperlukan. Hal ini tentu berguna jika Anda perlu menambah ruangan untuk keperluan khusus, misalnya kamar tidur, home office, atau usaha.

Pembangunan bisa disesuaikan dengan tren

Salah satu pertimbangan utama dalam membeli rumah tumbuh adalah kondisi di masa depan yang tidak menentu. Rumah tumbuh memungkinkan Anda membangun rumah berdasarkan kebutuhan atau tren mendatang.

Misalnya, jika Anda tiba-tiba membutuhkan tambahan ruangan di rumah, Anda tidak perlu repot-repot memaksakan ruangan tersebut di lahan sempit. Selain itu, struktur rumah tumbuh umumnya juga didesain lebih kuat untuk mengakomodasi pembangunan tambahan.

Itulah beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan dari rumah tumbuh. Bagaimana, tertarik menghuni rumah dengan konsep ini?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News