HOME, Keluarga

Ini Jenis-Jenis Tanaman Hias yang Cocok untuk Penderita Asma

Ini Jenis-Jenis Tanaman Hias yang Cocok untuk Penderita Asma

MOMSMONEY.ID - Memelihara tanaman hias bisa menjadi ide yang baik dan bahkan buruk untuk para penderita asma. Kedua kemungkinan ini bisa terjadi karena efek positif dan negatif dari tanaman hias itu sendiri.

Namun, dengan pertimbangan dan pemilihan yang tepat, Anda akan mendapatkan efek positifnya. Tanaman secara umum dapat mengurangi polusi udara dan memperbaiki gejala alergi hingga asma.

Dilansir dari  Verywellhealth.com, tanaman bertahan hidup melalui fotosintesis, proses biokimia mengambil karbon dioksida dan melepaskan oksigen yang meningkatkan kualitas udara. Reaksi lainnya, fitoremediasi adalah proses tanaman menyerap, mendegradasi, dan kemudian mendetoksifikasi materi partikulat yang dapat memperburuk asma.

Baca Juga: Kenali Penyebab pH Tinggi Air Akuarium dan Cara Mengatasinya

Sayangnya, serbuk sari pada tanaman berbunga menjadi perhatian khusus karena dapat memperburuk asma. Namun, secara umum, tanaman yang menggunakan serangga untuk penyerbukan lebih aman untuk asma. 

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui tanaman hias mana yang ramah untuk penderita asma. Dilansir dari Backyardgardenlover.com, berikut 5 tanaman hias yang ramah untuk penderita asma.

Azalea

Azalea merupakan salah satu tanaman hias berbunga yang sering diletakkan di dalam ruangan. Karena berbunga, mereka tentu saja memiliki serbuk sari. Akan tetapi, azalea ada dalam daftar aman untuk orang yang menderita asma.

Lidah Mertua

Sangat mudah untuk mengenali tanaman lidah mertua karena bentuk daunnya yang unik. Tanaman ini sangat baik dalam hal memurnikan udara dan mengembalikan oksigen segar ke udara. Itulah sebabnya tanaman ini sangat ramah untuk penderita asma.

Baca Juga: Meski Jarang Terkena Hama, Ternyata Tanaman Monstera Rentan dengan Masalah Ini

Peace Lily

Menurut analisis tanaman hias NASA, Peace Lily bekerja baik dalam menghilangkan Senyawa Organik Volatil (VOC) di udara. Maka, mereka sangat aman untuk penderita asma. Sayangnya, tanaman ini sangat beracun jika tak sengaja tertelan oleh anak-anak atau hewan peliharaan. Anda harus hati-hati menempatkannya dari jangkauan mereka.

Dracaena

Semua tanaman dracaena adalah pembersih udara yang baik, tetapi dracaena tepi merah adalah pilihan yang paling cocok untuk penderita asma. Tanaman ini diklam sangat efisien dalam menghilangkan formaldehida dari udara, bersama dengan polusi lainnya, serta dapat membantu meningkatkan kualitas udara di rumah perokok juga.

Lady Palm

Ada beberapa alasan mengapa lady palm diklaim ramah untuk para penderita asma. Tanaman ini terbukti berhasil menghilangkan racun di udara di dalam rumah, termasuk amonia, formaldehida, xilena, dan karbon dioksida. Dengan tanaman ini, udara di rumah Anda akan lebih bersih dan aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News