CLOSE [X]
ads

Ini Jenis-Jenis Filter Akuarium Menurut Bentuknya

Sumber: Fish Lab,The Spruce Pets
Minggu, 22 Mei 2022 | 08:30 WIB
Ini Jenis-Jenis Filter Akuarium Menurut Bentuknya


MOMSMONEY.ID - Penggunaan filter dalam akuarium berfungsi untuk membantu menjaga kualitas air, seperti menghilangkan kontaminan dan memurnikan air. Oleh karena itu, filter yang digunakan harus mampu mengalirkan semua air di dalam tangki setidaknya empat kali setiap jam. Dilansir dari Fish Laboratory, filter akuarium bekerja dengan mendorong air melalui berbagai jenis media filtrasi. Jenis utama media filtrasi yang digunakan adalah filtrasi biologis, filtrasi kimia, dan filtrasi mekanis.

Saat memilih sistem ini, perhatikanlah jenis filtrasi yang ditawarkan. Beberapa sistem akan menggabungkan berbagai bentuk filtrasi untuk mencapai tingkat keberhasilan. Dilansir dari The Spruce Pets, ada 8 bentuk umum sistem filtrasi untuk akuarium.

Baca Juga: Ini 4 Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi Ikan Cupang

Filter Kotak

Filter kotak juga disebut filter sudut atau internal. Ini adalah filter umum pertama yang tersedia untuk akuarium rumah. Kira-kira untuk akuarium kecil berisi 75 liter. Biasanya diletakkan menempel pada kaca di dalam akuarium. Mereka sangat murah dan dapat diisi dengan berbagai media filter.

Beberapa jenis memerlukan pompa udara dan saluran udara untuk menghasilkan gerakan yang diperlukan untuk memindahkan air melalui filter. Sistem ini akan menciptakan gelembung udara yang juga meningkatkan filtrasi kimia dan biologis.

Filter Tabung

Filter tabung adalah filter yang paling cocok untuk tangki berukuran sedang hingga besar sekitar 141 liter. Filter ini diletakkan di luar tangki, sehingga dapat disembunyikan di belakang atau di bawah dudukan akuarium. Filter ini menyediakan filtrasi mekanis, kimia, dan biologis yang sanga baik.

Filter tabung bertekanan untuk memaksa air melalui media filter, daripada membiarkannya mengalir melewatinya seperti filter lainnya. Hal ini membuat mereka ideal untuk beban berat. Sayangnya, filter jenis ini sulit dibongkar untuk dibersihkan dan dirawat. Namun, mereka sangat baik untuk akuarium air asin atau akuarium yang memiliki banyak tanaman hidup.

Filter Diatomik

Sistem diatomik adalah filter akuarium khusus yang membersihkan air dengan menghilangkan partikel yang sangat kecil. Ini mirip dengan filter kolam renang tanah diatom, yang beroperasi memompa air melalui lapisan partikel yang sangat halus untuk membersihkan air. Filter diatomik biasanya digunakan dalam situasi sementara ketika partikel halus, seperti alga diatomik, menjadi masalah.

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru
TOPIK TERPOPULER