InvesYuk

Ini Investasi yang Cocok Guna Memutus Rantai Sandwich Generation

Ini Investasi yang Cocok Guna Memutus Rantai Sandwich Generation

MOMSMONEY.ID - Dana pensiun yang memadai bisa menjadi salah satu alternatif memutus rantai sandwich generation, lo. 

Guna memutus generasi sandwich sudah seharusnya berinvestasi sejak dini. Ahmad Gozali, perencana keuangan, mengatakan, investasi yang diperlukan untuk memutus generasi sandwich adalah investasi di dana pensiun dan investasi pada pendidikan anak.

Investasi untuk pensiun cenderung dalam jangka panjang, maka bisa memilih investasi yang sedikit lebih berisiko. Untuk kemudian, pelan-pelan dipindahkan ke investasi yang lebih rendah risikonya secara bertahap sesuai dengan jangka waktu menuju masa pensiun. 

"Dengan memiliki dana pensiun yang memadai, maka kita tidak bergantung pada anak-anak saat pensiun kelak. Inilah cara terbaik memutus generasi sandwich," kata Ahmad.

Baca Juga: Trik Asik Persiapkan Dana Pensiun

Sementara untuk pendidikan anak, investasinya bisa dibagi tiga, antara jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Biasanya, jangka pendek untuk masuk SD, jangka menengah untuk anak masuk SMPA dan SMA, dan jangka panjang untuk masuk kuliah.

"Tentunya, disesuaikan usia anak," kata Ahmad.

Prita Ghozie, Perencana Keuangan ZAP Finance, mengatakan, instrumen yang dipilih bisa reksadana atau emas. Kalau dananya lebih besar bisa properti, P2P Lending maupun bisnis.

Ahmad menambahkan, selain investasi, yang harusnya disiapkan generasi sandwich adalah asuransi. Asuransi yang diperlukan adalah asuransi kesehatan, khususnya untuk orang tua.

Sedang, menurut Prita, asuransi jiwa juga penting bagi tulang punggung.

Selanjutnya: WOM Finance Salurkan Pembiayaan Baru Multiguna di Kuartal I-2024 Rp 1,1 Triliun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News