Bugar

Ini Gejala yang Tak Disadari Terjadi Pada Tubuh Saat Terkena Alergi Dingin

Ini Gejala yang Tak Disadari Terjadi Pada Tubuh Saat Terkena Alergi Dingin

MOMSMONEY.ID - Cuaca buruk yang akhir-akhir ini melanda Indonesia membuat suhu menjadi sangat ekstrem. Di siang hari suhu menjadi panas, sementara saat hujan tiba suhu berubah menjadi sangat dingin. Cuaca buruk ini menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang yang tak tahan dengan suhu dingin.

Melansir dari Mediakom Kemenkes, alergi adalah reaksi hipersensitivitas yang terjadi pada tubuh ketika didekatkan atau berinteraksi dengan bahan pemicu alergi. Penyebab alergi dipicu oleh 2 hal utama, yakni genetik dan lingkungan.

Alergi secara umum menyebabkan kulit kemerahan, ruam, bengkak, gata-gatal dan biasanya terjadi begitu cepat dalam kurun waktu 5-10 menit sejak pertama kali kulit bersentuhan langsung dengan penyebab alergi dingin.

Baca Juga: Resep Kakap Merah Saus Asam Manis, si Hidangan Merah Penambah Nafsu Makan Keluarga

Alergi dingin sebabkan pembengkakan pada kulit

Baca Juga: Promo Burger King September 2022, Ada Gratis Ayam dan Nasi atau Burger untuk si Kecil

Pada umumnya alergi dingin sangat berefek pada kulit. Namun, dilansir dari laman Rare Disease, alergi dingin juga bisa menyebabkan pusing kepala.

Jika tidak ditangani dengan baik, gejala terhadap alergi dingin ini dapat menimbulkan efek yang lebih parah. Gejala tersebut bisa berupa pingsan, syok, penurunan tekanan darah, pembengkakan, dan anafilaksis.

Anafilaksis itu sendiri merupakan gejala berat berupa syok akibat kemunculan alergi yang secara tiba-tiba.

Baca Juga: 7 Makanan yang Tidak Cocok Dimasak Dalam Air Fryer, Sudah Tahu?

Terkadang, orang-orang tidak bisa membedakan mana alergi dingin dengan pilek biasa karena gejalanya yang mirip. Perbedaan antara pilek dengan alergi dingin terletak pada apa yang menyebabkannya.

Pilek disebabkan oleh masuknya virus ke dalam tubuh, sedangkan alergi dingin disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif. Gejala tersebut dapat aktif ketika pada musim-musim tertentu saja.

Hingga kini, alergi dingin belum diketahui apa penyebabnya. Namun dilansir dari Mayo Clinic, terdapat orang-orang tertentu yang memiliki sel kulit sensitif baik karena genetik, virus, ataupun penyakit tertentu.

Baca Juga: 4 Trik Tetap Hemat Belanja Kebutuhan Gizi Keluarga Tanpa Takut Boros

Alergi dingin ini bisa timbul ketika kulit tubuh terekspos dan bersentuhan langsung dengan udara dingin ataupun air dingin.

Karena alergi dingin memicu pengeluaran histamine sehingga untuk pencegahannya bisa dengan beberapa cara seperti:

  • Mengonsumsi anti-histamin yang direkomendasikan dokter
  • Memakai jaket hangat untuk melindungi kulit dari paparan langsung dingin
  • Jika akan berenang, celupkan terlebih dahulu tangan dan lihat reaksi yang terjadi sekitar 5-10 menit
  • Hindari makanan atau minuman yang dingin untuk mencegah pembengkakakn pada tenggorokan jika diperlukan.

Untuk menghindari terjadinya alergi yang tak diketahui, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter mengenai gejala-gejala apa yang dirasakan. Hal ini dapat membantu Anda dalam mencegah terjadinya kesalahan penanganan jika sewaktu-waktu kambuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News