HOME, AturUang

Ini Dia yang Harus Dilakukan agar Beban Sandwich Generation Menjadi Ringan

Ini Dia yang Harus Dilakukan agar Beban Sandwich Generation Menjadi Ringan

MOMSMONEY.ID - Terhimpit kebutuhan finansial orang tua dan anak. Seperti isian sandwich yang terjepit di antara dua roti. Makanya, orang-orang yang ada di posisi ini sering disebut dengan generasi sandwich.

Tentu tak ada yang bercita-cita menjadi bagian dari generasi sandwich. Akan tetapi, bagi yang sudah menjadi bagiannya ada beberapa tips agar kuat menjalaninya.  

Ahmad Gozali, Perencana Keuangan Safir Senduk dan rekan mengatakan, sebagai anak, kita tidak bisa menghindari masuk ke dalam generasi sandwich. Tetapi sebagai orangtua, kita bisa mencegah terjadinya kembali atau memutus rantai agar tidak berlanjut.

Baca Juga: Yuk, Ajarkan Anak untuk Sadar Keuangan dengan Cara Ini

Namun, sebagai anak, ada yang bisa kita lakukan untuk mengurangi beban generasi sandwich tersebut. Yaitu, dengan bekerja sama dengan saudara untuk menanggung bersama beban orang tua. 

Keluarga yang harmonis dan kompak bisa menanggung biaya hidup orang tuanya secara bersama-sama. Dalam kultur Indonesia yang punya banyak anak, hal ini akan membuat bebannya menjadi lebih ringan.

"Apalagi di keluarga agamis, menanggung beban orang tua justru adalah kebanggan karena menjadi kesempatan terakhir untuk berbakti kepada orang tua, " ujar Ahmad. 

Selanjutnya: Harga Emas di Pegadaian Dibuka Menguat Tipis Pekan Ini, Senin (27/9)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News