Ini Dia Segudang Manfaat dari Berciuman dengan Pasangan

Reporter: Christ Penthatesia
Jumat, 26 November 2021 | 08:46 WIB
Ini Dia Segudang Manfaat dari Berciuman dengan Pasangan

ILUSTRASI. Berciuman dengan pasangan ternyata banyak memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

MOMSMONEY.ID - Berciuman merupakan aktivitas yang biasa dilakukan oleh pasangan kekasih atau pasangan suami isteri. Siapa sangka bahwa aktivitas berciuman ini juga memiliki manfaat, loh.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari berciuman.

Baca Juga: 5 Manfaat Berpelukan yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Meningkatkan hormon kesenangan

Manfaat yang satu ini merupakan manfaat umum yang didapatkan dari aktivitas berciuman. Berciuman bisa meningkatkan trigger pada otak untuk melepaskan hormon kesenangan, yaitu oxytocin, dopamine, dan serotonin.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Imun tubuh juga bisa meningkat dari aktivitas berciuman. Seperti yang dilansir dari laman Health Line, salah satu penelitian di tahun 2014 menjelaskan bahwa saliva yang bertukar dari aktivitas berciuman bisa mengekspos bakteri baru yang bisa membuat sistem imun menjadi lebih kuat.

Meningkatkan ikatan dengan pasangan

Bonding atau ikatan antar pasangan kekasih atau suami istri bisa menjadi lebih kuat karena aktivitas berciuman. Karena aktivitas ini membantu melepaskan hormon oxytocin yang membuat diri menjadi merasa dicintai dan terikat satu sama lain.

Baca Juga: Tak Melulu Menyedihkan, Berikut Alasan LDR Merupakan Hubungan yang Istimewa

Meredakan stres

Stres dan kecemasan bisa disebabkan karena tingginya kortisol dalam tubuh. Berciuman ternyata juga bisa membantu untuk menurunkan tingginya kadar kortisol dan meredakan stress. Oxytocin juga bisa membantu meredakan kecemasan dan meningkatkan rasa relax.

Mengencangkan otot wajah

Melansir dari laman Mind Body Green, aktivitas berciuman bisa membantu untuk mengaktifkan sebanyak 24 otot wajah dan 112 otot postur. Yang bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk menggerakkan otot wajah dan membuatnya menjadi lebih kencang.

Membakar kalori

Aktivitas berciuman juga bisa membantu untuk membakar kalori. Sebanyak 2-26 kalori per menit akan dibakar dalam aktivitas berciuman. Sehingga tentunya akan membantu tubuh untuk kehilangan kalori seperti aktivitas berolahraga.

 

Selanjutnya: Promo Natasha Black Friday, Diskon Perawatan dan Aneka Produk Kecantikan hingga 50%

Editor: Christ Penthatesia
Terbaru