HOME, Santai

Ini Dia Pola Basic Latte Art dalam Sajian Kopi yang Perlu Anda Kuasai

Ini Dia Pola Basic Latte Art dalam Sajian Kopi yang Perlu Anda Kuasai

MOMSMONEY.ID - Dalam dunia perkopian, latte art tentunya menjadi satu hal yang tidak bisa dipisahkan. Bentuk polanya yang cantik dan menyenangkan membuat mood untuk minum kopi semakin meningkat. 

Latte art adalah teknik menyajikan kopi dengan menuangkan foam pada espresso. Proses tersebut akan menghasilkan pola atau pattern yang beragam pada lapisan atas minuman Anda.

Latte art sendiri tak terbatas hanya pada kopi saja ya, minuman seperti coklat panas atau matcha pun juga dapat disajikan dengan latte art.

Untuk membuat pola latte art yang bagus dan seimbang diperlukan jam terbang dan latihan yang intense. Pengetahuan akan jenis-jenis pola yang digambar pun juga diperlukan agar Anda tahu nama dari pola yang Anda gambar.

Baca Juga: Seduh Kopi Sendiri di Rumah dengan Metode Ini

Berikut ini adalah pola latte art dasar yang bisa Anda coba untuk buat. Teknik untuk membuat gambar atau pola ini pun beragam. Jadi jika ingin menguasainya pastikan untuk terus berlatih ya.

Heart 

Pola latte art ini adalah pola dasar yang harus Anda kuasai sebelum mencoba pola lainnya. Pola ini adalah pola pertama yang akan diajarkan kepada barista yang baru mempelajari latte art. Jadi pastikan Anda menguasai teknik ini terlebih dahulu ya.

Tulip

Tulip adalah pola kedua yang dapat Anda coba setelah pola hati atau heart. Teknik menggambar pola ini adalah dengan memberikan tumpukkan pola hati pada permukaan minuman sehingga membentuk pola tulip.

Untuk membuat pola ini yang Anda butuhkan adalah kemampuan Anda untuk mengontrol ketinggian dan flow dalam menumpuk layer tulip.

Rosetta

Jika Anda sudah menguasai pola tulip maka selanjutnya adalah pola rosetta. Pola latte art ini termasuk pola yang susah susah gampang. Untuk pemula, pola ini mungkin akan terasa susah karena belum terbiasa. Tapi dengan seringnya berlatih maka membuat pola ini tidak akan terasa sesulit itu.

Yang perlu diperhatikan untuk membuat pola ini adalah ketinggian, posisi, dan alur saat menuang foam dari jug. Tak lupa juga control gerakan tangan juga dibutuhkan untuk membuat kelopak bunga pada pola ini.

Jika sudah membuat kelopak bunga yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah membuat tarikan pada bagian tengah kelopak tersebut untuk menghasilkan batang dari bunga yang Anda buat.

Selanjutnya: Kocak! Episode Tonight Show Ini Bikin Ngakak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News