HOME, Santai

Ini Dia Alasan Mengapa Resiliensi Penting Dalam Dunia Kerja

Ini Dia Alasan Mengapa Resiliensi Penting Dalam Dunia Kerja

MOMSMONEY.ID - Istilah resilinesi dalam dunia kerja menjadi satu hal yang makin digembor-gemborkan masa kini. Karena resiliensi merupakan salah satu hal penting dalam dunia kerja.

Menurut Wikipedia, resiliensi adalah kemampuan secara mental dan emosional untuk bertahan dalam situasi apa pun. Resiliensi disebut juga sebagai keuletan dalam bahasa Indonesia.

Keterampilan ini merupakan keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Karena keterampilan ini akan menunjukkan bagaimana kemampuan seseorang dalam menanggapi dan menyelesaikan masalah.

Orang-orang yang memiliki keterampilan ini biasanya merupakan orang-orang yang peka terhadap situasi dan mengenali kondisi emosionalnya sendiri. Sehingga ia memiliki kemampuan untuk mengontrol keadaan dan situasi.

Baca Juga: Inilah Hormon yang Dimiliki Perempuan, Kamu Wajib Tahu!

Untuk bisa menguasai keterampilan ini seseorang harus memiliki 7 resilience skill. Seperti yang diutarakan oleh Dokter anak Ken Ginsberg, MD dalam laman Very Well Mind, ada 7C yang harus dikuasai agar bisa memiliki kepribadian ulet ini.

Competence, confidence, connection, character, contribution, coping, dan control adalah 7 resilience skill yang harus dimiliki seorang yang ulet.

Dalam dunia kerja sendiri resiliensi memiliki banyak kaitannya dengan performa kerja seseorang. Resiliensi bisa membuat seseorang memiliki keadaan emosi positif yang bisa meningkatkan optimism, semangat, dan juga pengalaman baru.

Baca Juga: Perhatikan, Ini 10 Keunggulan Pendidikan Vokasi, Ketimbang Program yang Biasa

Selain itu, resiliensi juga diasosiasikan dengan kondisi tempat kerja yang kondusif. Melansir dari laman Work Place Mental Health, sebuah perusahaan juga harus bisa menyediakan situasi kerja yang penuh dengan keuletan dan minim stress.

Hal tersebut nantinya akan bisa membantu pekerja bisa memiliki motivasi lebih dalam mengerjakan tugasnya. Yang tentunya akan lebih baik dikerjakan dalam situasi tempat kerja yang minim stress dan tekanan.

Melansir dari laman Forbes, resiliensi juga menjadi hal penting dalam dunia kerja karena bisa mempengaruhi perkembangan karir pekerja. Pekerja masa kini mencari pekerjaan yang bisa menambah perkembangan mereka dalam hal karir dan pengalaman. 

Sehingga menciptakan lingkungan kerja yang mendukung situasi resiliensi bisa membantu pemimpin untuk bekerja sama dan berinovasi bersama dengan teamnya dalam lingkungan kerja.

Selanjutnya: Moms, Ini 4 Makanan yang Dipercaya Bisa Mengatasi Asam Lambung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News