HOME, Santai

Ini Dia 4 Faktor Penyebab Pori-Pori Besar dan Cara Mengatasinya

Ini Dia 4 Faktor Penyebab Pori-Pori Besar dan Cara Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Pori-pori merupakan bagian kulit yang memiliki fungsi sebagai tempat bernafas dan bertukar udara pada kulit. Pori-pori juga memiliki fungsi untuk mengeluarkan minyak dan keringat. 

Tampilan pori-pori tidak bisa dikontrol apalagi jika dalam ukuran besar, namun ternyata ukurannya dapat dibantu untuk diminimalisir.

Berbagai cara untuk menyamarkan pori-pori dapat dipilih dan lakukan dengan mudahnya perawatan kulit saat ini. Termasuk, dengan menggunakan skin care untuk mengecilkan pori-pori.

Namun perawatan dan penggunaan skin care tidak akan efektif jika tidak mengetahui penyebab pori-pori tampak besar.

Berikut ini tiga penyebab pori-pori tampak besar dan beberapa tips untuk menyamarkan pori-pori besar.

Baca Juga: Anda Penggemar Green Tea? Yuk, Kenali 3 Jenis Green Tea Populer dari Jepang Ini!

Tersumbat kotoran

Hal ini adalah penyebab paling umum yang dapat menyebabkan pori-pori Anda membesar. Tersumbatnya pori-pori dengan kotoran yang menumpuk dari sisa make up atau debu akan membuat kulit Anda susah bernafas dan kesulitan untuk mengeluarkan sebum atau minyak natural yang diproduksi untuk melembabkan kulit Anda.

Dermatology Center, dalam lamannya menjelaskan bahwa pori-pori yang tersumbat oleh kotoran akan menumpuk sisa kulit mati yang menyebabkan pori-pori Anda tampak lebih besar dari biasanya.

Cara yang dapat dilakukan untuk permasalahan ini adalah dengan rajin exfoliasi atau membersihkan kulit dari sisa kulit mati. Gunakan produk exfoliasi yang aman dan ringan jika Anda belum terbiasa menggunakan produk yang lebih keras.

Kulit Kering

Kulit yang kering atau kurang terhidrasi juga dapat membuat pori-pori terlihat lebih besar. Karena kurangnya hidrasi atau kelembaban kulit maka tampilan pori-pori akan semakin terlihat.

Tentu saja cara paling tepat adalah dengan memberi produk pelembab untuk kulit kering agar pori-pori tidak memproduksi banyak sebum atau minyak yang menyebabkan pori-pori membesar, untuk menghidrasi kulit Anda. Gunakan pelembab secukupnya secara rutin pagi dan malam agar kulit tetap terhidrasi dengan baik.

Baca Juga: Viral di Tiktok, Ini Sinopsis dan Link Nonton Serial The Summer I Turned Pretty

Umur

Semakin bertambahnya umur, kulit juga akan kehilangan kekencangannya. Kulit yang semakin kendur akan membuat tampilan pori-pori Anda terlihat besar.

Seiring pertambahan usia, kulit Anda akan mengalami penebalan yang membuat sel-sel kecil berkumpul di pori-pori dan membuat tampilan pori-pori semakin besar.

Menjaga kekencangan kulit baiknya dilakukan sebelum kulit mengalami kekenduran seiring dengan pertambahan usia.

Menggunakan produk yang berfokus untuk memperbaiki tekstur kulit akan sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Selain itu mulailah untuk menggunakan produk yang memiliki manfaat untuk mengencangkan kulit.

Keturunan

Laman Health Line menjelaskan bahwa pori-pori yang besar juga bisa disebabkan karena adanya faktor keturunan atau warisan. Penyebab atau faktor ini merupakan hal yang tidak bisa dihindari jika terjadi karena kturunan.

Jika faktor tersebut menjadi masalah utama pori-pori besar, maka salah satu cara untuk memperbaikinya adalah dengan memberikan treatment perawatan wajah secara intensif. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News