HOME, Santai

Ini Dia 4 Drama Korea Tentang Kesehatan Mental yang Harus Ditonton

Ini Dia 4 Drama Korea Tentang Kesehatan Mental yang Harus Ditonton

MOMSMONEY.ID - Menonton drama Korea bisa dibilang sudah menjadi kebiasaan baru untuk dilakukan selama masa pandemi ini. Memilih tontonan drama yang sesuai dengan yang kita inginkan tidaklah susah, lo.

Drama Korea memiliki segudang genre dan tema yang dapat ditonton tentunya. Dari komedi hingga melodrama, Anda bebas memilih drama apa yang akan Anda saksikan. Bahkan drama yang mengangkat tema mental health juga tersedia untuk Anda.

Mental health memang menjadi topik yang kerap digunakan untuk tema drama Korea. Karena tema tersebut dapat membantu mengedukasi penontonnya untuk lebih aware dengan penderita gangguan mental.

Jika Anda penasaran dengan drama Korea yang mengangkat tema kesehatan mental, Momsmoney punya rekomendasinya untuk Anda.

Baca Juga: Film Korea dengan Tema Zombie, Nonton Yuk!

Move to Heaven (2021)

Drama yang dapat Anda saksikan pada platform streaming film Netflix ini sempat booming saat perilisannya. Cerita yang hangat dan sedih ini terbukti mengundang tangis bagi siapapun penontonnya. Wikipedia juga mencatat bahwa drama ini terinspirasi dari esai yang berjudul “Things Left Behind” yang ditulis oleh Kim Sae Byul.

Menceritakan tentang seorang anak “pembersih trauma” yang mengidap sindrom Asperger dan pamannya yang harus melanjutkan bisnis yang pernah dibuat oleh ayahnya sebagai “pembersih trauma” setelah ayahnya meninggal.

Dibintangi oleh Lee Je Hoon, Tang Jun Sang, hingga Choi Soo Young (Girls Generation), banyak cerita dan emosi yang terkait dalam perjalanan bisnis mereka. Yang tentu saja selalu terkait dengan mendiang ayahnya yang telah meninggal. Siap siap banjir air mata ya!

Baca Juga: 5 Film Angkat Kesehatan Mental, Yuk Cari Tahu

It’s Okay to Not Be Okay (2020)

Dibintangi aktor dan aktris ternama, Kim Soo Hyun dan Seo Yea Ji, drama ini juga menjadi salah satu drama yang mengangkat tema kesehatan mental. Drama ini dapat Anda saksikan di Netflix loh jika Anda ingin menyaksikannya.

Dalam drama ini Seo Yea Ji memerankan perannya sebagai Ko Moon Young, seorang penulis buku anak-anak yang menderita gangguan kepribadian antisosial. Sedangkan Kim Soo Hyun memerankan Moon Gang Tae yang merupakan seorang pekerja kesehatan yang bekerja di sebuah klinik psikiatri.

Bercerita tentang hubungan percintaan antara dua orang yang memiliki luka dan trauma masa lalu. Dalam perjalanan cinta yang tidak mudah akhirnya mereka mampu untuk saling menyembuhkan luka emosional dan psikologis satu sama lain.

Baca Juga: Hiks, 3 Film Korea Ini Dijamin Bikin Mewek!

Soul Mechanic (2020)

Drama ini menceritakan tentang kehidupan para psikiater yang melakukan segala upaya untuk membantu menyembuhkan pasiennya dari luka emosional mereka. Cara yang dilakukan pun bukan dengan menggunakan obat-obatan namun menggunakan terapi. 

Masalah kesehatan mental yang diangkat dalam drama ini juga beragam. Seperti gangguan kecemasan, depresi, trauma, hingga skizofrenia. Dibintangi oleh aktor Shin Ha Kyun dan aktris Jung So Min, drama ini akan menunjukkan cara-cara yang dilakukan psikiater untuk membantu pasiennya. 

It’s Okay, That’s Love (2014)

Alur drama yang mengangkat cerita tentang penderita skizofrenia yang menjalin hubungan romantis dengan psikiater yang juga memiliki trauma. Naik turunnya hubungan yang mereka rasakan akhirnya dapat teratasi karena mereka dapat saling menerima masa lalu mereka bersama-sama.

Jo In Sung, Gong Hyo Jin, Lee Kwang Soo, hingga D.O EXO, turut menjadi bintang drama yang populer pada masanya ini. Selain gangguan skizofrenia, masalah kesehatan mental lainnya pun juga dapat Anda temui saat menonton drama ini.

Selanjutnya: Stoicism, Apa Manfaatnya Bagi Hidup Kita? Berikut Buku-buku yang Menjelaskannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News