Ini Daftar Skill yang Bisa Buat Fresh Graduate Cepat Dapat Kerja, Pelajari Sekarang

Senin, 27 Februari 2023 | 15:53 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ini Daftar Skill yang Bisa Buat Fresh Graduate Cepat Dapat Kerja, Pelajari Sekarang

ILUSTRASI. Ini Daftar Skill yang Bisa Buat Fresh Graduate Cepat Dapat Kerja, Pelajari Sekarang. ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/pd


EDUKASI -  Selain pengalaman, skill atau kemampuan menjadi poin penting yang bisa membuat fresh graduate atau lulusan baru cepat mendapatkan pekerjaan.

Oleh sebab itu, penting untuk mengasah kemampuan atau skill yang sekiranya dibutuhkan di dunia kerja, baik soft skill maupun hard skill.

Soft skill merupakan kemampuan yang berkaitan dengan hal-hal seperti cara berkomunikasi dan bersikap. Sedangkan hard skill berkaitan dengan kemampuan pada bidang pekerjaan tertentu. 

Agar mudah mendapatkan pekerjaan, sebaiknya mulai membekali diri dengan skill dasar yang dibutuhkan di dunia kerja. 

Baca Juga: Peninggalan Kebudayaan Zaman Perunggu dan Zaman Besi di Indonesia

Simak beragam skill yang harus dimiliki calon pekerja agar cepat dapat kerja di bawah ini. Daftar ini dihimpun dari Indeed.com dan Glassdoor.

  • Microsoft Office

Mungkin Anda heran kenapa skill ini masuk dalam daftar skill yang harus dimiliki calon pekerja. 

Nyatanya masih banyak pelamar yang belum paham bagaimana mengoperasikan Microsoft Office terutama Excel dan PowerPoint (PPT).  Dua program ini akan banyak digunakan selama Anda bekerja.

Tidak jarang karyawan gagap saat menggunakan rumus Excel seperti VLOOKUP atau HLOOKUP.  Padahal dua rumus ini penting dipahami agar laporan Anda bisa dikerjakan dengan benar dan cepat. 

Untuk PPT, sering kali karyawan membuat PPT ala kadarnya tanpa ada animasi atau grafik yang menarik. Tentu hal ini membuat audiens akan merasa bosan jika PPT Anda tidak menarik. 

Dua program ini cukup mudah dipelajari secara mandiri. Ada banyak video di YouTube yang bisa membantu Anda belajar Excel dan PPT. 

  • Multitasking

Di dunia kerja, pekerja dituntut untuk bisa menyelesaikan beberapa tugas di satu waktu.  Tidak heran jika pekerja akan mengerjakan beberapa tugas di waktu yang sama.

Sayangnya tidak banyak orang yang mampu melakukan banyak pekerjaan di satu waktu. 

Skill multitasking membutuhkan latihan karena fokus kita perlu dipecah. Jika belum terbiasa, melakukan multitasking justru membuat pekerjaan tidak beres. 

Namun demikian, jika Anda sudah ahli dalam kemampuan ini, pekerjaan bisa selesai lebih cepat dan lebih efisien.  ​

  • Integritas

Melatih integritas sangat membantu Anda mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.  Integritas merupakan sikap jujur, loyal, dapat diandalkan, serta dapat dipercaya. 

Tidak heran jika perusahaan selalu mencari karyawan yang memiliki integritas tinggi. 

Tidak hanya saat orang lain melihat, karyawan yang berintegritas juga akan melakukan yang terbaik meski tidak ada yang memuji atau melihatnya. 

Baca Juga: 3 Kesalahan Fatal saat Mencari Kerja yang Bisa Buat Fresh Graduate Susah Dapat Kerja

  • Kemampuan bernegosiasi

Bernegosiasi mungkin erat kaitannya dengan profesi marketing atau sales. Namun, skill ini akan sangat dibutuhkan di profesi apapun di dunia kerja. 

Kemampuan negosiasi yang baik bisa membantu kehidupan kantor Anda lebih baik. 

Bahkan saat proses rekrutmen pun, skill ini bisa membantu Anda "merayu" HRD agar Anda mendapatkan opsi dan gaji yang diinginkan. 

Kemampuan ini membutuhkan skill berbicara, mendengarkan dan inovasi yang baik. 

  • Brainstorming dan pengambilan keputusan

Anda termasuk orang yang mengikuti arus atau yes-man? Sebaiknya sikap ini mulai Anda perbaiki. Seorang karyawan diharapkan mampu mengambil keputusan yang terbaik jika dibutuhkan. 

Karenanya, Anda perlu melatih kepercayaan diri agar bisa mengambil keputusan tanpa bergantung dengan orang lain.

Kemampuan brainstorming juga sangat dibutuhkan di dunia kerja. Akan ada waktu dimana atasan atau rekan kerja membutuhkan teman untuk berdiskusi. 

Bukan hanya sebagai penyimak tetapi partner yang mampu memberikan timbal balik dalam diskusi tersebut.  

  • Komunikasi dan kolaborasi

Kemampuan komunikasi dan kolaborasi juga penting dimiliki seorang pekerja. Dua kemampuan ini dibutuhkan agar kerja tim bisa berjalan dengan baik. 

Pekerjaan dan masalah bisa terselesaikan dengan cepat dan efisien jika karyawan mampu berkomunikasi dan berkolaborasi dengan baik. 

Baca Juga: Jenis-Jenis Perjanjian Kerja dan Poin yang Wajib Ada di Kontrak Kerja

  • Kecerdasan emosional, dan empati

Skill empati juga penting dan dibutuhkan di dunia kerja. Tidak hanya saat situasi berduka saja, empati juga dibutuhkan di berbagai kondisi. 

Karyawan yang memiliki empati akan lebih peka dengan lingkungannya. Efeknya, dia akan mudah memahami kebutuhan dan mendengarkan ide dari orang lainnya. 

Kemampuan ini penting untuk mengembangkan dan memunculkan ide-ide baru. Kecerdasan emosional juga merupakan kemampuan yang penting dimiliki pekerja. 

Di dunia kerja, Anda dituntut untuk bersikap profesional. Jangan sampai permasalahan pribadi membuat pekerjaan Anda terganggu. 

Mulailah untuk melatih kecerdasan emosional Anda agar saat bekerja kelak Anda lebih siap. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru