AturUang

Ini Ciri dan Kriteria Asuransi Jiwa Terbaik, Jangan Sampai Salah Pilih

Ini Ciri dan Kriteria Asuransi Jiwa Terbaik, Jangan Sampai Salah Pilih

MOMSMONEY.ID - Setiap perusahaan asuransi menawarkan banyak kelebihan, maka penting mempelajari setiap produk agar sesuai kebutuhan. Karena itu, penting untuk mengetahui ciri dan kriteria asuransi jiwa terbaik.  

Asuransi jiwa merupakan salah satu jaminan perlindungan finansial terhadap ahli waris apabila tertanggung meninggal dunia atau cacat tetap total. Dengan asuransi jiwa, masa depan keluarga akan terjaga jika suatu saat terjadi risiko yang tidak diharapkan.

Lantaran produk proteksi satu ini penting, maka Anda harus memilih asuransi jiwa terbaik dan terpercaya. Dengan begitu, jangan sampai Anda hanya tergiur premi murah namun mengabaikan faktor keamanannya.

Ciri dan kriteria asuransi jiwa terbaik dan terpercaya

Untuk mengetahui ciri dan kriteria asuransi jiwa terbaik dan terpercaya, Lifepal sebagai salah satu marketplace insurance di Tanah Air, mengungkapkan beberapa ciri dan kriterianya. 

Memilih produk asuransi, termasuk asuransi jiwa,  Benny Fajarai, Co-Founder sekaligus CMO Lifepal.co.id, menegaskan, tak boleh sembarangan. Soalnya, produk yang dipilih akan menyangkut masa depan Anda.

Sebelum menentukan pilihan asuransi mana yang akan digunakan, maka sebaiknya kenali dulu apa saja kriteria atau ciri asuransi jiwa yang bagus dan terpercaya.

Baca Juga: 5 Cara Mengajari Anak Mengatur Keuangan Sejak Dini, mulai TK hingga SMA

Perusahaan asuransi terdaftar di OJK dan memiliki reputasi baik

Memastikan perusahaan asuransi sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan tergabung dalam Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menjadi salah satu indikator yang wajib Anda perhatikan saat hendak memilih asuransi jiwa.

Sekadar informasi, AAJI merupakan asosiasi yang berwenang untuk mengadakan dan memberikan ujian lisensi kepada para tenaga pemasar asuransi profesional di seluruh Indonesia.

Tak hanya itu, mengetahui perusahaan asuransi memiliki reputasi bagus alias kredibel menjadi indikator lainnya, bahwa asuransi jiwa yang dipilih terbaik dan terpercaya.

Salah satu cara termudah mengecek reputasi perusahaan asuransi adalah mencari informasi atau berita terkait perusahaan tersebut. Hindari perusahaan asuransi yang memiliki banyak catatan hitam, seperti penipuan dan gagal klaim.

Memberikan manfaat uang pertanggungan yang memadai

Uang pertanggungan asuransi jiwa memberikan manfaat kepada ahli waris. Karena itu, salah satu ciri asuransi jiwa terbaik dan terpercaya adalah memberikan manfaat uang pertanggungan memadai dan sesuai perhitungan premi.

Jika Anda menginginkan uang pertanggungan lebih besar, maka premi yang harus dibayarkan juga lebih tinggi. Namun, pastikan perbandingan besaran premi dan uang pertanggungan masuk akal.

Baca Juga: Sebagai Pelengkap BPJS, Pilih Asuransi Kesehatan Sesuai Kebutuhan ya

Memiliki premi yang terjangkau

Asuransi yang bagus umumnya menyediakan berbagai pilihan premi, dari premi terjangkau hingga tinggi.

Besaran premi asuransi jiwa ini biasanya terkait jenis produk asuransi yang dipilih, baik itu asuransi jiwa term life ataupun whole life.

Asuransi jiwa term life umumnya memiliki premi yang lebih terjangkau, karena masa perlindungannya lebih singkat. Sementara asuransi jiwa whole life preminya lebih mahal lantaran menawarkan masa perlindungan hingga seumur hidup.

Menawarkan pengembalian premi

Beberapa asuransi jiwa memang tidak dapat dicairkan jika tidak terjadi klaim. Meski begitu, ada produk asuransi jiwa term life yang menjanjikan pengembalian premi dengan persyaratan tertentu.

Premi ini akan dikembalikan jika selama masa perlindungan tidak terjadi klaim. Dengan begitu, perusahaan tidak perlu melakukan pembayaran uang pertanggungan.

Itulah ciri dan kriteria asuransi jiwa terbaik, jangan sampai salah pilih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News