Keluarga

Ini Cara Pindahan Rumah Anti Stress dan Hemat Biaya

Ini Cara Pindahan Rumah Anti Stress dan Hemat Biaya

MOMSMONEY.ID -  Moms berencana pindahan rumah tanpa stress dalam waktu dekat? Saat pindah rumah banyak hal yang perlu kita pikirkan.

Mulai dari mengemasi barang yang ada di rumah lama, transportasi yang dibutuhkan untuk mengirim barang hingga menata kembali di rumah baru. Selain itu Moms juga biasanya akan memikirkan soal biaya, waktu dan tenaga yang dibutuhkan untuk pindahan rumah.

Baca Juga: Intip 5 Ide Dekorasi untuk Ruang Tamu Kecil

Nah tentunya Moms tak mau terlalu boros dan banyak membuang waktu dan tenaga untuk memindah barang-barang ke rumah baru. Melansir The Olive Press, ada lho tips tidak boros saat pindah rumah. Yuk kita simak!

Gunakan bungkus yang aman dan sesuai

Ini langkah yang sangat penting untuk menjaga keselamatan barang-barang Anda. Terutama untuk barang pecah belah dan elektronik. Anda bisa menggunakan styrofoam atau bahan empuk sejenis atau bahkan kain-kain untuk membungkus barang pecah belah sebelum dimasukkan ke kardus atau boks lainnya. Anda bisa membeli styrofoam atau menggunakan kain perca. 

Kain ini juga bisa digunakan sebagai bantalan furnitur saat memindahkannya. Jangan lupa beri tanda pada boks bahwa didalamnya merupakan barang pecah belah. Ini menghindari barang-barang Anda rusak dan menghindarkan Anda membeli barang baru yang justru membuat semakin boros. 

Anda juga perlu menggunakan ukuran boks yang sesuai untuk barang-barang elektronik. Kemudian gunakan bubble wrap dan lepaskan kabel dari alat elektronik. 

Jual barang-barang yang sudah tidak Anda gunakan lagi

Anda bisa menjualnya dengan harga mudah dan promosikan di sosial media Anda. Ini adalah cara tercepat untuk menjual barang ketimbang menggunakan jasa penjualan barang bekas. Sebelum menjualnya Anda bisa membersihkan dahulu barang-barang tersebut supaya harga bisa sedikit naik. Dengan menjual barang-barang yang masih layak, Anda bisa mendapatkan uang tambahan untuk pindahan rumah.

Bongkar beberapa furnitur Anda

Lakukan pengukuran pada rumah lama dan rumah baru Anda. Terutama ukuran pintu dan ruang-ruang sempit. Kemudian ukur furnitur Anda. Jika ukuran furnitur Anda lebih kecil dari daun pintu dan lorong di rumah baru atau pun rumah lama Anda, furnitur tersebut tidak perlu dibongkar. Namun jika furnitur terlalu besar, Anda harus membongkarnya.

Saat membongkar, pastikan menggunakan cara dan alat yang sesuai. Jangan memaksakan prosedur pembongkaran yang justru merusaknya. Anda juga bisa menanyakan ke toko furnitur terdekat yang memahami soal pembongkaran furnitur supaya Anda bisa mendapatkan arahan yang lebih jelas. 

Membongkar dengan benar membuat furnitur Anda tidak mudah rusak, serta menghemat volume saat pindahan. Tentu ini juga membuat Anda semakin hemat. 

Lakukan riset soal biaya pindah

Saat ini di Indonesia banyak sekali aplikasi jasa pindahan rumah seperti Lala Move, GoBox, Deliveree, Saga Movers dan lainnya. Ada juga jasa pindahan rumah dengan menghubungi per orangan secara manual. Lakukan riset dan bandingkan tiap penyedia jasa. Tanyakan bagaimana tarif yang akan mereka kenakan, ukuran boks, tarif per kilometer serta berat barang. Dengan begitu Anda bisa menemukan penyedia jasa mana yang memberikan layanan yang aman dan murah saat akan pindahan rumah. 

Baca Juga: 4 Layanan Jasa Pindahan Rumah Dan Estimasi Biayanya

Pertimbangkan soal memindahkan kendaraan

Saat ini juga banyak penyedia jasa pengiriman kendaraan seperti Herona Express atau PT KAI. Anda bisa membandingkan harga dan layanan antar sampai depan rumah. Jika Anda tak mau pusing, ambil biaya yang sedikit mahal namun kendaraan bisa diantar sampai depan rumah. Tentu kedua layanan di atas hanya cocok untuk pindah provinsi. 

Lakukan riset lebih mendalam jika kepindahan Anda ini merupakan perjalanan antar pulau atau bahkan antar negara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News