Keluarga

Ini Cara Merawat AC di Rumah biar Tetap Dingin dan Tahan Lama

Ini Cara Merawat AC di Rumah biar Tetap Dingin dan Tahan Lama

MOMSMONEY.ID - Air conditioning (AC) adalah elemen penting di sebuah rumah, terutama jika Anda tinggal di wilayah beriklim tropis. Keberadaan AC sangat membantu Anda melewati musim panas yang terik. Namun, tahukah Anda cara merawat AC yang baik dan benar? 

AC sangat membantu menyejukan rumah di musim panas. Pendingin udara rusak adalah hal yang cukup merepotkan, terutama saat tingkat kelembapan terlalu tinggi. AC yang tidak dirawat dengan baik akan membuat boros listrik dan tidak berfungsi dengan efektif. 

Melansir Mitsubishi Electric dan Sansone AC, setidaknya ada 5 hal yang perlu Anda perhatikan dan rawat untuk menjaga AC di rumah tetap dingin dan awet.

Baca Juga: Bukan Hanya Genre, Kenali 3 Jenis Film dan Karakteristiknya Ini

Cara merawat AC di rumah supaya tetap dingin dan awet

1. Bersihkan filter udara dan ganti secara berkala

Penyaring udara pada AC membantu mencegah debu masuk ke rumah Anda. Alat ini harus dalam keadaan bersih untuk bisa bekerja secara efisien. 

Jika filter udara kotor, kerja AC akan terbebani dan kualitas udara di ruangan juga akan terpengaruh. Anda tak perlu bantuan tenaga profesional untuk membersihkan filter udara ini. Selain itu, Anda juga bisa mengganti filter udara satu bulan sekali.

2. Bersihkan coil pada AC

Coil pada AC berfungsi membantu zat pendingin dalam menyerap anas dan mendinginkan ruangan. Nah, coil ini kerap terisolasi dengan partikel debu yang mengurangi kemampuan mereka menyerap panas. 

Sehingga, jika coil kotor maka AC akan bekerja keras untuk menjaga suhu ruangan tetap dingin. Untuk membersihkan coil, dianjurkan untuk menggunakan tenaga profesional.

Baca Juga: Ini 8 Rahasia Cara Membuat Rumah Anda Harum

3. Pastikan kipas kondensor dalam kondisi yang baik

Kipas kondensor berfungsi untuk menjaga performa AC karena bisa mendinginkan gas refrigeran. Jika kipas kondensor tidak berfungsi dengan baik, AC tak bisa lagi mendinginkan ruangan. 

Apabila Anda mendengarkan suara aneh dari AC, ini bisa menjadi tanda kipas kondensor rusak. Nah, kondensor ini biasanya memiliki sirip yang bisa bengkok dan menyebabkan aliran udara tidak mencukupi.

Untuk mengatasinya, sebaiknya panggil tenaga ahli untuk melakukan pemeriksaan terhadap motor kipas kondensor.

4. Periksa pembuangan kondensasi air

Pemuangan kondensasi adalah bagian integral pada sistem pendingin udara untuk mengalirkan air keluar. Seiring waktu, pembuangan kondensasi ini bisa tersumbat dan menghambat drainase.

Jika Anda tidak melihat adanya aliran air maka Anda perlu melakukan pemeriksaan dan menghubungi tukang reparasi AC.

Baca Juga: Bisa Dicoba Moms! Inilah Cara Membasmi Nyamuk secara Alami di Rumah

5. Lakukan perawatan rutin

Merawat AC tidak hanya penting untuk menghemat tagihan listrik, namun juga untuk mencegah kerusakan. Maka, pastikan Anda melakukan pengecekan rutin dengan memanggil jasa reparasi AC.

Pastikan juga AC Anda mendapatkan perawatan dengan interval yang direkomendasikan untuk mendapatkan kinerja yang optimal. 

Demikian cara merawat AC di rumah Anda supaya tetap dingin, awet dan tidak mudah rusak. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News