HOME, Santai

Ini Cara Menjaga Kesehatan Hewan Peliharaan Saat Pandemi

Ini Cara Menjaga Kesehatan Hewan Peliharaan Saat Pandemi

MOMSMONEY.ID - Wabah COVID-19 tak hanya menginfeksi manusia, tetapi  juga hewan-hewan. Beberapa penemuan kasus hewan positif covid ditemukan di dunia. Di antaranya harimau malaya di Kebun Binatang Bronx, New York, Amerika Serikat, seekor anjing di Hong Kong, dan dua kucing di New York. Kasus ini terjadi akibat penularan dari manusia.

Kendati demikian, belum ada bukti yang menunjukkan penularan virus COVID-19 dari hewan ke manusia. Penelitian mengenai penularan COVID-19 antar sesama hewan juga masih dalam penelitian lebih lanjut. Namun, Anda harus tetap waspada jika Anda memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing di rumah.

Dilansir cermati.com, virus corona pada anjing disebut Canine coronavirus (CCoV) yang menginfeksi organ usus anjing. Sedangkan kucing dikenal dengan Feline coronavirus (FCoV) yang bisa menyerang sejumlah organ.

Baca Juga: Oximeter, Bantu Pantau Kadar Oksigen Saat Isolasi Mandiri Di Rumah

Anda tak perlu khawatir dengan hal ini karena ada berbagai cara untuk tetap menjaga kesehatan hewan peliharaan. Yuk simak!

Penuhi Kebutuhan Hewan Peliharaan

Memelihara artinya Anda harus siap untuk memenuhi kebutuhan hewan. Mulai dari makanan sehat, minuman bersih dan matang, multivitamin, hingga obat-obatan yang dianjurkan oleh dokter hewan. Jika Anda memiliki lebih dari satu hewan peliharaan di rumah, pastikan setiap hewan peliharaan mendapatka nutrisi sesuai kebutuhannya.  

Menjaga Kebersihan

Selain memenuhi kebutuhan nutrisinya, menjaga kebersihan hal-hal yang berkaitan dengan hewan peliharaan juga harus diperhatikan. Di antaranya membersihkan kandang, tempat kotoran, tempat makan dan minum, serta tempat tidurnya yang harus rutin disterilkan.

Anda sebaiknya juga mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir baik sebelum maupun sesudah menyentuh hewan peliharaan. Terutama saat hendak memberinya makanan. Kondisi tangan Anda harus bersih dan steril.

Baca Juga: Cara Cegah Panic Buying di Masa Pandemi

Tidak Mengajak Hewan Keluar Rumah

Dilansir dari disnakkeswan.jatengprov.go.id, sebaiknya hewan peliharaan tidak diajak keluar rumah dan turut melakukan karantina untuk menghindari terjadinya interaksi dengan sesama hewan atau manusia. Bila hewan stres, Anda tetap bisa mengajaknya bermain di rumah atau pekarangan yang Anda miliki. Menjauhkan hewan peliharaan dengan hewan liar selama wabah berlangsung juga diperlukan.  

Ke Dokter Hewan

Anda mungkin tidak akan tahu apa yang dirasakan oleh hewan peliharaan Anda. Maka, ada baiknya untuk rutin mengecek kesehatannya ke dokter hewan. Apalagi jika Anda menyadari bahwa hewan kehilangan nafsu makan, lemah, atau lesu. Biasanya dokter akan memberikan vaksin khusus untuk melindungi hewan dari penyakit.

Menghindari Kontak Saat Anda Isoman

Saat Anda melakukan isolasi mandiri karena terkonfirmasi positif COVID-19, sebaiknya Anda bersabar untuk tidak kontak langsung dengan hewan peliharaan Anda. Hal ini Anda lakukan seperti halnya kepada anggota keluarga lain di rumah. Protokol kesehatan selama isoman juga perlu Anda terapkan kepada setiap hewan peliharaan di rumah.

Selanjutnya: Cara Menjaga Protokol Kesehatan di Dalam Rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News