Keluarga

Ini Cara Menggunakan Warna Gelap di Kamar Mandi, Tak Harus Suram!

 Ini Cara Menggunakan Warna Gelap di Kamar Mandi, Tak Harus Suram!

MOMSMONEY.ID - Warna-warna yang cerah dan terang umumnya dipilih untuk warna kamar mandi karena menghadirkan suasana yang bersih dan luas.

Namun, penggunaan warna-warna tersebut kadang dapat terlihat membosankan. Jadi, jika Anda ingin menghadirkan kesan yang berbeda, coba gunakan warna gelap pada kamar mandi.

Berbeda dengan warna cerah, warna gelap perlu digunakan dengan cermat supaya tidak membuat kamar mandi terlihat sempit dan suram.

Nah, bagaimana caranya supaya penggunaan warna gelap di kamar mandi bisa terlihat menarik? Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

Baca Juga: Mengenal Berbagai Jenis Ubin untuk Rumah, Dijamin Menawan!

Ciptakan kontras warna

Dikutip dari Square Inch Home, Anda bisa mengombinasikan warna gelap dan cerah untuk menciptakan kontras warna yang menarik di dalam kamar mandi.

Misalnya, jika dinding kamar mandi berwarna gelap, coba kombinasikan dengan keramik atau aksesoris kamar mandi berwarna terang.

Alternatifnya, gunakan warna dan terang sekaligus pada dinding. Anda bisa menggunakan warna yang berbeda pada bagian atas dan bawah dinding, atau gunakan warna gelap pada satu sisi dinding sebagai aksen.

Optimalkan pencahayaan

Jika Anda ingin menggunakan warna gelap pada kamar mandi, jangan lupa untuk mengoptimalkan pencahayaan supaya kamar mandi tidak terkesan sempit atau suram.

Cara mengoptimalkannya pun beragam. Misalnya, gunakan skylight untuk membantu memasukkan cahaya alami sebanyak-banyaknya ke dalam kamar mandi, lalu kombinasikan dengan lampu dengan pencahayaan yang cerah.

Baca Juga: Mau Pakai Lantai Marmer di Rumah? Pahami Plus dan Minusnya, Yuk!

Gunakan aksesoris reflektif

Salah satu masalah dari penggunaan warna gelap adalah kesan sempit dan suram yang dimilikinya.

Nah, untuk menghindari kesan tersebut, Anda bisa menggunakan aksesoris kamar mandi yang bersifat reflektif. Dilansir dari MyDomaine, coba gunakan pernak-pernik atau aksesoris dengan warna metalik seperti emas, perak, hingga krom.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa menggunakan keramik dinding bertekstur glossy dan memasang cermin pada dinding. Elemen metalik dan reflektif di kamar mandi akan membantu memantulkan dan menyebarkan cahaya, sehingga kamar mandi akan terasa lebih cerah.

Bereksperimen dengan pola

Kamar mandi berwarna gelap tidak harus selalu terlihat datar dan membosankan.

Supaya kamar mandi berwarna gelap tetap terlihat menarik, cobalah untuk bereksperimen dengan pola dan tekstur. Misalnya, Anda bisa memasang keramik dinding dan lantai dengan pola yang unik, misalnya pola herringbone dan honeycomb.

Atau, kombinasikan keramik polos dengan keramik bermotif untuk menciptakan kontras yang tidak biasa. Kamar mandi pun akan semakin menarik dipandang.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan saat menggunakan warna gelap di kamar mandi. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News