BisnisYuk

Ini Cara Membuat Konten TikTok untuk Memasarkan Produk Secara Online

Ini Cara Membuat Konten TikTok untuk Memasarkan Produk Secara Online

MOMSMONEY.ID - Berikut ini cara membuat konten TikTok untuk memasarkan produk secara online.

TikTok kini bukan hanya sebagai platform hiburan saja, tetapi sudah menjadi shoppertainment atau media untuk hiburan sekaligus berjualan online. 

"Dulu user hanya menggunakan TikTok untuk hiburan saja, kini user sudah bisa berjualan dan berbelanja," kata Global E-Commerce Business Operation & Acquisition TikTok Aldo Shurman dalam acara Gali Ilmu yang Kementerian Komunikasi dan Informatika gelar.

Sehingga, kini TikTok sudah menjadi shoppertainment dan membantu pelaku usaha khususnya UMKM memiliki jangkauan yang lebih luas.

Baca Juga: Tips UMKM Perkuat Modal Lewat Kredit

Untuk itu, Aldo bilang, kemampuan membuat konten yang baik sangat dibutuhkan untuk mendapatkan perhatian pengguna TikTok yang menjadi target pasar. 

"Tipsnya, ketika kita bikin konten, maksimalkan di tiga detik pertama. Di situ user memutuskan untuk tetap lanjut lihat konten kita atau enggak," ungkapnya.

Menurut Tommy Teja, kreator konten sekaligus pengusaha, ada perbedaan antara TikTok dan marketplace lain sebagai media berjualan online. 

"Ketika kita ingin berjualan di TikTok, pastinya lewat video konten karena kita jualannya lewat konten dan berbeda dengan marketplace lain di mana orang-orang nyarinya barang duluan," kata dia. 

"Sedangkan kalau di TikTok itu kebalik, orang-orang ngelihat konten dulu baru mereka belanja," jelas Tommy.

Baca Juga: Hari Perempuan Internasional: Rahasia Sukses 3 Srikandi Bisnis Kuliner Raup Cuan

"Jadi, yang paling penting itu kita harus punya skill content creation untuk membuat konten yang menarik supaya orang-orang menonton video kita sampai beres dan bisa tertarik untuk ngeklik keranjang produk yang kita jual," paparnya.

Berikut teknis pembuatan video dari Tommy: 

  • Pertama, peserta harus mengunduh aplikasi editing video CapCut. 
  • Setelah itu, membuat teks yang membantu berbicara di dalam video dan memasukkan efek-efek yang diperlukan untuk melengkapi kebutuhan konten. 
  • Memasukkan hal-hal yang harus ada di dalam video yang akan di-posting, di antaranya video harus memiliki elemen hook atau pengait, pain point, dan bridge-after-bridge.

Itulah cara membuat konten TikTok untuk memasarkan produk secara online.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News