HOME, Keluarga

Ini Cara-Cara Khusus untuk Menangani Hama Kutu Putih yang Menyerang Tanaman

Ini Cara-Cara Khusus untuk Menangani Hama Kutu Putih yang Menyerang Tanaman

MOMSMONEY.ID - Jika Anda pernah memperhatikan daun tanaman di rumah, Anda barangkali menemukan sesuatu yang mencurigakan seperti bercak residu putih seperti sarang laba-laba atau kapas. Ini adalah salah satu serangan hama yang disebabkan oleh serangga kutu putih atau Mealybugs. Residu ini biasanya merupakan kantung telur kutu putih atau hama itu sendiri.

Dilansir dari Planet Natural, kutu putih adalah serangga bertubuh lunak, tidak bersayap yang sering muncul sebagai massa kapas putih pada daun, batang, dan buah tanaman. Cara mereka makan adalah dengan memasukkan bagian mulut penghisap yang panjang (stilet) ke dalam tanaman dan mengeluarkan getah dari jaringan. Ini disebut sebagai embun madu, yang membuat tanaman menjadi lengket dan mendorong pertumbuhan jamur jelaga.

Baca Juga: Ini 4 Tips Merawat Tanaman Cabai Agar Subur dan Berbuah

Seiring waktu, kutu putih dapat menimbulkan kerusakan yang serius pada tanaman, yakni menyebabkan daun menguning dan keriting saat tanaman lemah. Mereka bahkan dapat menyebabkan buah-buahan, sayuran, dan kuncup bunga menjadi rontok sebelum matang. Tak terbayang kerugian yang didapatkan dari pengaruh kutu ini.

Datangnya kutu putih ini karena mereka tertarik pada tanaman tertentu yang banyak mengandung jus yang mereka sukai untuk dimakan. Selain itu, dilansir dari The Spruce, kutu putih tertarik pada tanaman dengan kadar nitrogen tinggi dan pertumbuhan lunak, mereka mungkin muncul jika Anda menyiram dan memupuk tanaman terlalu banyak.

Kendati demikian, ada cara-cara khusus untuk menangani kutu putih pada tanaman. Sebelum Anda terlambat segera lakukan hal-hal ini:

Mencuci Tanaman

Saat Anda menemukan residu putih mencurigakan pada daun dan batang tanaman, segera lakukan pencucian. Anda dapat membuat larutan berisi alkohol, air, dan sedikit sabun cuci piring (tanpa pemutih), lalu usapkan pada bagian tanaman yang terkena residu. Diamkan tanaman sebentar, lalu ulangi secara bertahap proses ini.

Baca Juga: Ini Cara Mudah Menggunakan Pupuk untuk Tanaman

Semprot Insektisida

Menyemprotkan insektisida akan menjadi pencegahan terbaik. Anda dapat membuatnya sendiri dengan menggunakan sabun cuci piring yang bebas dari parfum dan zat aditif yang berbahaya bagi tanaman. Campur sedikit sabun dengan air. Semprotkan larutan secukupnya pada tanaman.

Mengoleskan Minyak Mimba

Selain insektisida, Anda juga dapat mengoleskan minyak mimba pada tanaman. Minyak mimba dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan serangga hama apapun dan memiliki sifat penolak serta antifeedant. Kendati demikian, minyak ini tidak beracun bagi serangga penguntung seperti lebah madu dan kupu-kupu. Caranya, campurkan minyak mimba dan air, lalu semprotkan setiap 7-14 hari sekali pada tanaman sesuai kebutuhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News