Ini Berbagai Keuntungan dari Online Grocery

Reporter: Lidya Yuniartha
Rabu, 10 Agustus 2022 | 15:47 WIB
Ini Berbagai Keuntungan dari Online Grocery

ILUSTRASI. Ini berbagai keuntungan yang didapatkan dari online grocery. 04/05/2016/kontan/alri kemas


MOMSMONEY.ID - Online grocery atau cara pembelian makanan dan kebutuhan rumah tangga secara online (daring) semakin marak dilakukan beberapa waktu terakhir, apalagi saat pandemi Covid-19 melanda.

Ternyata, ada berbagai keuntungan yang didapatkan lewat online grocery ini. Tim Riset Online Grocery Titipku, Paulus Angre Edvra mengatakan, alasan-alasan orang berbelanja online bisa jadi karena efisiensi waktu hingga kemudahan dalam membandingkan harga.

"Kemudahan saat membandingkan harga antar produk karena semua harga produk sudah dipaparkan," ujar Paulus dalam Indonesia Online Grocery Report 2022, Rabu (10/8).

Meski begitu, Paulus membeberkan berbagai keuntungan lain yang didapatkan lewat belanja kebutuhan rumah secara daring ini. Ini didapatkan lewat berbagai penelitian dan laporan.

Keuntungan pertama adalah mengurangi emisi. Paulus menerangkan,  dari hasil jurnal yang didapatkan, online grocery bisa mengurangi produksi emisi yang biasanya diproduksi oleh mereka yang biasanya berbelanja secara langsung.

Baca Juga: Tidak Banyak Diketahui, Ini Manfaat Bihun untuk Kesehatan Tubuh

Kedua, meningkatkan akses ke produk segar. Menurutnya, produk-produk segar dan sehat akan lebih mudah didapatkan dibandingkan ketika seseorang membeli langsung ke pasar. 

"Misalnya kita mau mencari timun zuccini, kita tidak tahu pedagang mana yang harus kita beli, sementara di aplikasi kita tinggal cari saja produknya langsung muncul," terangnya.

Ketiga, lebih praktis. Dimana, dengan melakukan online grocery, pembelian berbagai produk dalam jumlah banyak akan lebih mudah.

Keempat, memangkas biaya. Biaya yang dipangkas ini bisa dari biaya parkir atau bensin yang dikeluarkan saat berbelanja langsung ke pasar atau minimarket.

Kelima, bebas antrean. Online grocery juga menghindarkan pembeli dari antrean. 

Lalu, keuntungan lainnya adalah harga yang bersaing.  "Harga produk yang dijual online grocery itu tidak berbeda, bahkan bisa lebih murah karena beberapa platform groceries itu menyediakan diskon atau voucher yang bisa menguntungkan konsumen," kata Paulus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Lidya Yuniartha

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER