HOME, Keluarga

Ini Bedanya Wastafel untuk Cuci Piring dan Cuci Tangan, Jangan Sampai Tertukar!

Ini Bedanya Wastafel untuk Cuci Piring dan Cuci Tangan, Jangan Sampai Tertukar!

MOMSMONEY.ID - Di masa pandemi, keberadaan wastafel menjadi sesuatu yang dibutuhkan di berbagai tempat, terutama hunian seperti rumah.

Tidak hanya untuk mencuci tangan, wastafel juga biasanya digunakan untuk mencuci wajah, mencuci piring, dan mencuci benda-benda kecil lainnya. Jadi, wastafel memang sangat penting untuk membantu Anda mengerjakan kegiatan sehari-hari.

Namun, tahukah Anda jika wastafel untuk mencuci piring dan mencuci tangan pada dasarnya berbeda? Ya, karena keduanya memiliki fungsi yang berbeda, bentuknya juga berbeda. Anda pun harus paham perbedaan keduanya agar tidak tertukar dan salah memilih.

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Bahan Wastafel yang Umum Digunakan, Jangan Keliru!

Nah, apa saja perbedaan antara wastafel cuci piring dan cuci tangan? Dilansir dari Fine Homebuilding, Kitchen Rank, dan Carter Plumbing, berikut penjelasannya.

Wastafel Cuci Piring

Disebut juga sebagai wastafel dapur, fungsi utama wastafel ini tentu untuk mencuci piring dan peralatan dapur lainnya. Berikut beberapa ciri khas dari wastafel cuci piring:

Ukuran yang lebih besar. Wastafel cuci piring umumnya memiliki ukuran yang lebih besar, bahkan ada model yang memiliki dua bak cuci sekaligus. Tentu saja, hal ini bertujuan untuk menampung peralatan memasak dan alat makan yang kotor.

Keran yang lebih tinggi dan panjang. Untuk mengakomodasi kegiatan mencuci piring, keran wastafel cuci piring memiliki desain yang lebih tinggi. Anda pun bisa membilas dan mencuci piring dengan nyaman dan mudah.

Tahan panas dan beban. Wastafel cuci piring sering terkena panas dari alat memasak yang baru saja dipakai. Selain itu, wastafel ini juga harus menahan beban akibat tumpukan cucian kotor. Jadi, wastafel cuci piring biasanya dapat menahan beban dan panas dengan baik.

Terbuat dari bahan dengan ketahanan yang baik. Berhubungan dengan poin di atas, wastafel cuci piring biasanya terbuat dari bahan dengan durability atau ketahanan yang tinggi untuk menahan panas dan beban. Material yang digunakan biasanya berupa stainless steel, batu, atau keramik.

Model yang terbatas. Berbeda dengan wastafel cuci tangan, wastafel cuci piring memiliki pilihan model yang terbatas. Umumnya, wastafel cuci piring memiliki model yang terbenam ke dalam konter dapur untuk memudahkan kegiatan mencuci piring.

Baca Juga: Inspirasi Dapur Minimalis Warna Pink yang Estetik dan Kalem, Yuk Intip!

Wastafel Cuci Tangan

Sesuai dengan namanya, wastafel cuci tangan biasanya digunakan untuk mencuci tangan. Namun, wastafel yang kerap disebut sebagai wastafel kamar mandi ini juga bisa digunakan untuk mencuci wajah dan mencuci barang-barang kecil lainnya.

Berikut beberapa karakteristik dari wastafel cuci tangan:

Ukuran cenderung kecil. Karena hanya digunakan untuk mencuci tangan, wastafel ini memiliki ukuran yang cocok untuk menampung kedua tangan Anda. Jadi, ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan wastafel cuci piring.

Keran berukuran standar. Umumnya, keran wastafel cuci tangan memiliki desain standar dengan pancuran yang pendek, sehingga dapat menjangkau tangan Anda dengan mudah.

Bisa terbuat dari material apa saja. Karena tidak memiliki beban sebesar wastafel cuci piring, pilihan material untuk wastafel cuci tangan lebih luas. Tidak hanya terbuat dari keramik, batu, maupun stainless steel, kaca juga bisa digunakan sebagai bahan wastafel ini.

Banyak pilihan model yang bisa dipilih. Berbeda dengan wastafel cuci piring, Anda bisa memilih berbagai model yang berbeda untuk wastafel cuci tangan. Mulai dari model tanam, vessel, hingga portabel, semuanya bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Nah, itulah perbedaan antara wastafel cuci piring dan wastafel cuci tangan. Bagaimana, sekarang sudah lebih paham, kan?

So, hati-hati, jangan sampai tertukar!

Selanjutnya: Inspirasi Kamar Mandi Minimalis Warna Coklat yang Simpel dan Elegan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News