AturUang

Ini Asuransi yang Perlu Dimiliki Milenial

Ini Asuransi yang Perlu Dimiliki Milenial

MOMSMONEY.ID - Merencanakan keuangan merupakan hal yang penting dilakukan kaum milenial dan generasi Z, untuk mewujudkan financial freedom atau merdeka secara finansial. Pasalnya, dua generasi tersebut saat ini tengah mendominasi dunia kerja, namun memiliki gaya pengelolaan keuangan yang berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya.

"Generasi sebelumnya merencanakan keuangan dengan menabung, membeli emas atau tanah. Tidak ada yang salah dengan itu, karena saat itu instrumen investasi terbatas. Tapi saat ini, instrumen investasi makin banyak. Dengan kecanggihan teknologi, generasi Z dan milenial bisa berinvestasi saham atau aset kripto dengan menggunakan aplikasi," ujar Direktur Sales FUSE, Ridho Revilino dalam webinar berjudul "Strategi Investasi untuk Gen Z & Milenial Menuju Merdeka Finansial".

Mengacu pada konsep piramida pengelolaan keuangan, ada fondasi yang harus lebih dulu dibangun secara kokoh sebelum berinvestasi. Pertama, memiliki cashflow dan dana darurat. Kedua, memiliki manajemen risiko melalui proteksi asuransi. Menurut Ridho, ada proteksi dasar yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Seperti beberapa asuransi yang setidaknya dimiliki oleh para milenial.

Baca Juga: Promo Indodana Paylater di Tokopedia s.d 31 Agst 2022, Ada Diskon Hingga Rp1,3 Juta

1. Asuransi Kendaraan Bermotor

Asuransi ini memberikan proteksi untuk kendaraan seperti mobil, sepeda motor, bus atau truk dari berbagai risiko yang mungkin terjadi. Misalnya, kecelakaan, kehilangan ataupun bencana alam.

"Kendaraan bermotor sudah menjadi alat transportasi yang kita andalkan sehari-hari, terutama mobil. Cara untuk membeli mobil juga semakin banyak, bisa secara tunai atau pembiayaan multi-finance. Karena sering digunakan, perlu diproteksi dengan asuransi untuk mencegah risiko finansial yang mungkin terjadi saat beraktivitas menggunakan mobil tersebut," papar Ridho.

2. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan bisa meringankan beban keuangan. Apabila anda sakit, maka perusahaan asuransi yang akan menanggung biaya pengobatan sesuai kesepakatan, misalnya biaya konsultasi dokter, obat-obatan, rawat inap, sampai dengan tindakan operasi.

Baca Juga: Tips Membuat Rumah Nyaman dan Rapi

"Bagi generasi Z dan milenial yang saat ini bekerja di perusahaan, tentunya dimudahkan, karena biasanya perusahaan memberikan asuransi kesehatan sebagai bagian dari program employee benefit. Bagi yang belum punya, sebaiknya mulai berpikir untuk membeli asuransi kesehatan. Memiliki asuransi kesehatan sejak muda penting untuk memberikan perlindungan untuk kesehatan tubuh di masa mendatang," kata Ridho yang merupakan lulusan Universitas Padjadjaran ini.

3. Asuransi Properti

Asuransi properti memberikan proteksi untuk risiko yang mungkin terjadi pada properti yang mencakup rumah, bangunan toko, gedung perkantoran dan sebagainya. Risiko tersebut yakni kebakaran, gempa bumi, ledakan dan sebagainya.

4. Asuransi Perjalanan

Ridho menekankan pentingnya memiliki asuransi perjalanan sebagai bentuk mitigasi masalah dan risiko yang mungkin terjadi saat bepergian, baik perjalanan domestik maupun internasional.

Baca Juga: Penting Diajarkan, Ini 6 Teknik Manajemen Stres untuk Anak Remaja

"Proteksi asuransi bisa memberikan ketenangan pikiran. Risiko seperti pembatalan dan perubahan perjalanan, kehilangan atau kerusakan pada bagasi, sakit dalam perjalanan, kecelakaan diri akan ditanggung oleh asuransi perjalanan," ujarnya.

5. Asuransi Jiwa

Tak ada yang tahu pasti hal yang mungkin terjadi di kemudian hari. Bagi generasi muda, terutama tulang punggung keluarga, perlu memiliki asuransi jiwa sebagai antisipasi kehilangan sumber pendapatan untuk keluarga saat meninggal atau tidak bisa kerja lagi akibat mengalami cacat tetap.

Asuransi jiwa memiliki banyak jenis, diantaranya asuransi jiwa berjangka, asuransi jiwa seumur hidup dan asuransi jiwa dwiguna. Untuk berbagai jenis asuransi jiwa, anda bisa memilih satu diantaranya.

Baca Juga: Promo Tokopedia Agustus 2022, Beli Produk Rumah Tangga Pakai Kredivo Dapat Diskon!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News