HOME, Keluarga

Ini Alasannya Kenapa Kucing Menyukai Tempat Gelap

Ini Alasannya Kenapa Kucing Menyukai Tempat Gelap

MOMSMONEY.ID - Jika Anda perhatikan, kebanyakan kucing suka menyelinap ke berbagai tempat untuk bersembunyi. Tak terkecuali kucing yang dipelihara. Ini adalah perilaku yang normal bagi mereka karena sudah menjadi nalurinya untuk bersembunyi. Mereka suka bersembunyi di tempat yang paling sudut, sepi, dan gelap.

Kucing bersembunyi di tempat gelap untuk melindungi diri dari bahaya. Saat berada di tempat gelap, kucing akan jadi sulit dilihat. Semakin gelap suatu lokasi bersembunyinya, semakin sulit kucing akan ditemukan. Dengan begitu, kucing menjadi semakin merasa aman.

Kegelapan juga memberi kucing keuntungan lain. Yang paling menonjol adalah penglihatan. Dilansir dari Cattitude Daily, kucing memiliki konsentrasi reseptor kerucut yang rendah dengan konsentrasi reseptor batang yang tinggi. Manusia adalah kebalikannya.

Baca Juga: 6 Tips Memandikan Kucing Supaya Terhindar dari Serangan

Ini akan dengan mudah menjelaskan mengapa yang dilihat manusia berbeda dari apa yang dilihat kucing. Oleh karena itu, kucing dapat melihat jauh lebih baik dalam pencahayaan rendah. Mereka dapat bereaksi dengan cepat terhadap segala potensi ancaman di tempat yang gelap.

Informasi lainnya, mengatakan bahwa beberapa kucing memang menyukai tempat gelap, tetapi lainnya tidak. Ini bergantung bagaimana kucing merespon cahaya di matanya. Pupil mata kucing akan mengembang dan berkontraksi untuk memungkinkan cahaya sebanyak yang dibutuhkan mata.

Dilansir dari Pets.Thenest.com, di ruangan yang terang, pupil matanya berubah menjadi celah sempit, sedangkan di ruangan gelap, pupil matanya terlihat besar dan bulat seperti piring makan. Beberapa jenis kucing kemudian melihat lebih baik di malam hari, sementara beberapa melihat lebih baik di siang ini. Inilah yang memengaruhi kucing lebih menyukai ruangan gelap atau tidak.

Baca Juga: Begini Cara Tepat Membersihkan Telinga Kucing Peliharaan

Namun, hal yang perlu dikhawatirkan adalah alasan lain mengapa kucing suka bersembunyi di tempat yang gelap karena stimulasi yang berlebihan. Kucing terus-menerus menyadari lingkungan mereka. Kucing merasa takut, waspada terhadap gerakan apapun, dan pendengaran mereka terlalu tajam untuk mendengar kebisingan yang melelahkannya.

Jika hal ini tak segera di atasi, kucing Anda akan mengalami stres. Sebaiknya Anda meminta bantuan dokter hewan atau seorang ahli perilaku kucing untuk mengatasinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News