HOME, Santai

Ini Alasan Penting Mengapa Harus Buka Rekening Bersama Pasangan

Ini Alasan Penting Mengapa Harus Buka Rekening Bersama Pasangan

MOMSMONEY.ID - Setelah menikah tentunya banyak kebutuhan yang harus dipenuhi dan ditanggung bersama. Sehingga, membuat banyak pasangan memutuskan untuk memiliki rekening bersama.

Rekening bersama ini dapat digunakan untuk merencanakan keuangan di masa yang akan datang. Terutama untuk menabung dan menyisihkan penghasilan dari kedua pasangan. 

Melansir dari laman Brides, berbagi rekening bersama pasangan bisa menjadi salah satu cara untuk mengatur keuangan dalam rumah tangga secara tranparan.

Baca Juga: Kenali 6 Tanda Anda Berada dalam Healthy Relationship

Manfaat lain yang diperoleh dengan menggunakan rekening bersama dengan pasangan adalah adanya kemudahan dalam mengatur keuangan dan kebutuhan yang harus dilakukan bersama sama dalam keluarga.

Selain itu kedua belah pihak juga bisa turut aktif dalam mengetahui program-program reward dan juga investasi melalui rekening bersama tersebut. 

Sehingga dalam melakukan investasi kedua belah pihak bisa mengatur berapa uang yang harus disimpan dan digunakan untuk kebutuhan sehari hari.

Laman The Balance juga mengungkapkan bahwa menurut survey Love and Money yang dilakukan oleh TD Bank di tahun 2019, sebanyak 57% pasangan suami istri memiliki rekening bersama setelah menikah. Sedangkan 2/3 nya memiliki kartu kredit bersama.

Baca Juga: Apa Itu Open Marriage? Berikut Ini Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulainya

Keuntungan lain yang diperoleh dengan memiliki rekening bersama dengan pasangan adalah memberikan kemudahan untuk melacak pengeluaran dan pemasukan keuangan.

Hal tersebut disebabkan karena semua pengeluaran berada pada satu rekening yang sama. 

Biasanya uang yang masuk dalam rekening bersama ini merupakan uang yang bersumber dari penghasilan masing-masing pasangan. Rasio 50:50 adalah rasio yang paling sering digunakan untuk mengisi uang pada rekening ini.

Kebutuhan yang sebaiknya dimasukan dalam rekening bersama ini adalah kebutuhan rutin bulanan rumah tangga seperti pengeluaran makan, listrik, cicilan, hingga biaya uang sekolah anak nantinya.

Persiapan dana darurat juga perlu di alokasikan dalam rekening bersama. Bisa saja termasuk biaya kesehatanatau pengeluaran darurat lainnya.

Investasi dan tabungan juga harus masuk dalam alokasi dana rekening bersama. Tujuannya adalah agar ada dana yang diputar dan disimpan dari rekening bersama ini. Yang perlu diingat adalah hal tabungan dan investasi harus ditarik dengan keputusan kedua belah pihak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News