HOME, Keluarga

Ini Alasan Kenapa Es Krim Bisa Berbahaya untuk Pencernaan Anjing

Ini Alasan Kenapa Es Krim Bisa Berbahaya untuk Pencernaan Anjing

MOMSMONEY.ID - Anjing Anda mungkin tertarik dan menyukai es krim. Sensasi dingin dan lembut es krim dapat meredakan dahaganya saat cuaca sedang panas.

Namun, meski ini ide yang baik untuk mengatasi suhu panas cuaca, Anda sebaiknya mencari tahu lebih dulu, apakah es krim benar-benar makanan yang tidak berbahaya untuk anjing.

Dilansir dari BeChewy, secara teknis anjing bisa makan es krim, tetapi menurut Dr. Amanda Williams, Kepala Dokter Hewan dan Direktur Medis dari Furry Friends Adoption, Clinic, & Ranch, es krim tradisional (jenis manusia) tidak baik untuk anjing. Informasi ini mungkin mengecewakan, tetapi ini dapat membantu anjing Anda untuk terhindar dari kasus keracunan.

Baca Juga: 5 Hal yang Umum Ditakuti Oleh Hewan Anjing

Ini Alasan Kenapa Es Krim Bisa Berbahaya untuk Anjing

Ada beberapa alasan berbeda yang mungkin dialami oleh anjing Anda, sehingga mereka tidak cocok makan es krim. Dilansir dari AKC, berikut beberapa alasannya.

Intoleransi Lakstosa

Umumnya, es krim terbuat dari campuran susu. Ini adalah masalah utama yang bisa dialami oleh semua anjing. Anjing tidak dirancang untuk mencerna susu setelah disapih.

Anjing dewasa tidak memiliki perut yang benar-benar siap untuk menangani laktosa yang terkandung di dalamnya. Ketidakmampuan ini akan menyebabkan masalah kembung, gas, diare, dan muntah.

Beberapa anjing mungkin akan tahan, begitu pula untuk anak anjing. Namun, memberi banyak es krim atau sering kepada anak anjing juga tidak baik karena masalahnya bisa lebih serius, meski mereka bisa mencerna susu. Masalah pankreatitis adalah salah satunya.  

Alergi Makanan

Anda tak akan pernah tahu apakah anjing Anda memiliki alergi atau tidak sebelum Anda memberikan makanan itu untuknya. Namun, dalam beberapa kasus, anjing juga alergi es krim karena produk susu di dalamnya.

Alergi ini muncul karena reaksi terhadap protein yang ditemukan di dalam produk susu. Tanda-tanda alergi ini berupa muntah, diare, ruam kulit merah, dan gatal-gatal.

Masalah Obesitas

Es krim memiliki kadar gula yang cukup tinggi. Memberi makan anjing makanan manis dapat menyebabkan penambahan berat badan dan obesitas.

Obesitas dapat memunculkan masalah kesehatan lain. Namun, meski produk es krim tersebut mengatakan tidak mengandung gula, Anda harus berhati-hati untuk membaca label dan memastikan produk bebas dari kandungan xylitol. Ini adalah jenis pemanis yang sangat beracun untuk anjing.

Perasa Beracun

Masalah terakhir adalah tentang perasa es krim. Anda tentu tahu ada banyak varian rasa es krim dan beberapa di antaranya beracun untuk anjing. Misalnya, cokelat.

Cokelat beracun bagi anjing karena tubuhnya tidak dapat mencerna secara efisien, karena cokelat mengandung teobromin dan kafein.

Baca Juga: Waspadai, Buah Anggur dan Kismis Beracun untuk Anjing Peliharaan

Solusi yang Aman untuk Memberikan Es Krim untuk Anjing

Namun, memberinya es krim sesekali bisa aman. Asal Anda benar-benar mengawasinya. Tetaplah untuk memberikannya es krim vanila biasa tanpa topping atau sorbet rasa buah-buahan yang aman. Pastikan untuk memberi makan dalam jumlah kecil pada awalnya untuk memastikan bahwa itu tidak mengganggu perut anjing.

Anda juga dapat memberinya es krim khusus anjing. Ini bisa Anda buat sendiri di rumah dan pastinya menggunakan bahan-bahan yang aman. Anda dapat menghaluskan pisang, selai kacang, dan sedikit yogurt (yang memiliki sedikit laktosa daripada es krim).

Mendinginkan campuran bahan tersebut sampai membeku akan membuatnya tampak seperti es krim. Ada juga bisa menambahkan oat, apel tanpa biji, dan bahan lain yang aman untuk anjing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News