HOME, Keluarga

Ini 8 Tips Menghemat Air di Rumah, Tidak Sulit Kok!

Ini 8 Tips Menghemat Air di Rumah, Tidak Sulit Kok!

MOMSMONEY.ID - Air merupakan salah satu konsumsi rumah tangga yang selalu ditagihkan setiap bulannya.

Besaran tagihan air ditentukan dari penggunaan air sehari-hari di rumah. Oleh karena itu, jika tagihan air membengkak, tentu Anda perlu melakukan langkah-langkah untuk menghemat penggunaan air di rumah.

Tak hanya dapat menekan pengeluaran, menghemat air juga dapat membantu melestarikan lingkungan kita, lo. Jadi, hanya dengan menghemat air, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan sekaligus.

Baca Juga: Promo Tokopedia x PLN, Beli Kompor Induksi Dapat Kupon Tambah Daya Listrik 150 Ribu

Jangan khawatir, menghemat air sangat mudah dilakukan, kok. Dirangkum dari Tokopedia dan Ruparupa.com, berikut langkah-langkah mudah dan sederhana untuk menghemat penggunaan air di rumah.

Matikan keran saat tidak digunakan

Mungkin Anda pernah membiarkan keran menyala saat sedang menggosok gigi, mencuci piring, atau mencuci tangan. Padahal, keran yang dibiarkan menyala saat Anda tidak membilas apa-apa bisa membuat penggunaan air menjadi boros, lo.

Jika Anda sedang tidak mencuci atau membilas apa-apa, lebih baik matikan keran air terlebih dahulu. Baru nyalakan keran saat Anda akan membilas sisa sabun atau membersihkan mulut.

Menggunakan sabun cuci piring dan deterjen secukupnya

Saat sedang mencuci piring atau mencuci pakaian, kadang Anda membutuhkan sabun atau deterjen tambahan supaya cucian ekstra bersih. Hal ini sebenarnya dapat memicu penggunaan air yang berlebihan.

Pasalnya, busa sabun yang terlalu banyak dapat membuatnya sulit dibilas, sehingga Anda memerlukan air yang lebih banyak untuk menyingkirkan busa tersebut. Jadi, gunakan sabun cuci piring dan deterjen secukupnya, ya.

Baca Juga: Promo Tokopedia Hemat Awal Tahun, Bayar Pulsa dan Tagihan Dapat Cashback 500.000

Menyingkat waktu mandi

Berlama-lama mandi memang terasa menenangkan, apalagi jika Anda mandi di bawah guyuran air shower. Namun, hal ini tentu bisa membuat penggunaan air menjadi boros.

Jadi, usahakan untuk menyingkat waktu mandi Anda. Sama seperti saat menggunakan keran, matikan shower saat sedang tidak membilas apapun.

Memeriksa pipa air secara rutin

Jika Anda sudah menghemat air tapi tagihan masih membengkak, coba periksa pipa air di rumah Anda.

Pasalnya, pipa air tersebut bisa saja mengalami kebocoran yang membuat tagihan air meningkat tanpa disadari. Jika memungkinkan, panggil teknisi untuk membantu mengatasi masalah pipa yang bocor tersebut.

Baca Juga: Promo Tokopedia 9-12 Januari, Beli Pulsa Pakai GoPay Dapat Cashback Hingga 50.000

Menggunakan wadah air untuk mencuci buah dan sayur

Beberapa orang kerap menggunakan air mengalir untuk mencuci buah dan sayur. Hal ini sebenarnya bisa membuat penggunaan air menjadi boros.

Alternatifnya, siapkan satu wadah khusus untuk mencuci buah dan sayur. Selain dapat menghemat air, sisa air cucian tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk menyiram tanaman.

Menggunakan ulang air bekas cucian

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, Anda bisa memanfaatkan ulang air bekas cucian untuk berbagai keperluan.

Misalnya, Anda bisa menggunakan air bekas cucian beras untuk menyiram tanaman atau menggunakan air bekas cucian baju untuk menyiram toilet. Serbaguna, kan?

Baca Juga: Awas, 5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Boros Air di Rumah

Menampung air hujan

Saat musim hujan, curah air hujan yang turun biasanya sangat melimpah, sehingga bisa Anda tampung dan manfaatkan untuk beragam keperluan rumah tangga seperti menyiram tanaman dan mencuci kendaraan. Anda pun dapat menghemat penggunaan air dari PDAM.

Caranya, siapkan satu tong besar di luar rumah. Buka tong tersebut saat hujan, lalu tutup kembali saat hujan reda supaya tidak menjadi sarang nyamuk.

Menyiram tanaman di pagi hari

Mungkin Anda sering mendengar bahwa menyiram tanaman di pagi hari sangat dianjurkan. Ternyata, anjuran ini bisa membantu menghemat penggunaan air juga, lo.

Mengapa? Sebab, udara pagi yang cenderung dingin bisa mengurangi penguapan air yang berlebihan, sehingga tanaman dapat ternutrisi dengan baik dan tumbuh dengan sehat.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat air di rumah. Bagaimana, mudah kan? Yuk, mulai menghemat air dari sekarang!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News