Keluarga

Ini 8 Kesalahan Umum Saat Memelihara Kucing, Pecinta Kucing Wajib Tahu!

Ini 8 Kesalahan Umum Saat Memelihara Kucing, Pecinta Kucing Wajib Tahu!

MOMSMONEY.ID - Memelihara kucing di rumah memiliki beragam manfaat, mulai dari meramaikan suasana rumah hingga menjadi teman bermain yang lucu dan menggemaskan bagi penghuni rumah.

Namun, keberadaan kucing tak hanya sebagai teman bermain. Sebagai makhluk hidup, kucing juga memiliki berbagai kebutuhan yang wajib dipenuhi oleh pemiliknya. Dengan kebutuhan yang terpenuhi, si kucing pun akan merasa sehat dan senang saat tinggal di rumah Anda.

Nah, supaya kebahagiaan dan kesehatan si kucing selalu terjaga, ada beberapa kesalahan saat memelihara kucing yang sebaiknya dihindari. Dilansir dari The Spruce Pets, PetMD, dan Petful.com, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Dikenal Banyak Tingkah, Simak 5 Fakta Unik Seputar Kucing Oren!

Tidak mensterilkan kucing

Kucing yang terus-menerus beranak-pinak tak hanya akan merepotkan Anda, tapi juga tidak baik terhadap lingkungan karena bisa menyebabkan overpopulasi dan membuat banyak kucing terlantar. Oleh karena itu, Anda bisa membantu mengontrol laju populasi kucing di sekitar Anda dengan mensterilkan kucing peliharaan yang sudah cukup umur.

Mengabaikan tanda-tanda sakit

Kucing yang sedang sakit atau terluka memang tidak bisa mengkomunikasikan rasa sakitnya dengan jelas, tapi akan ada tanda-tanda tertentu yang bisa diperhatikan, misalnya perubahan perilaku pada si kucing. Jangan abaikan jika si kucing terlihat berbeda dari biasanya, karena bisa saja mereka sedang sakit. Bawalah ke dokter hewan untuk diperiksa lebih lanjut.

Tidak melatih kucing menggunakan bak pasir

Jika Anda memelihara anak kucing atau bayi kucing, jangan lupa untuk melatih mereka supaya bisa menggunakan bak pasir untuk buang air. Pasalnya, tidak semua kucing punya insting untuk menggunakan bak pasir secara otomatis sehingga mereka perlu dibiasakan sejak dini.

Memotong kukunya

Dalam dunia kucing, ada dua istilah yang sama-sama berarti memotong kuku, tapi maknanya berbeda jauh: trimming dan declawing. Trimming pada dasarnya adalah kegiatan memotong ujung cakar kucing supaya tidak tumbuh terlalu panjang, sedangkan declawing adalah mengamputasi bagian cakar kucing seluruhnya. Hindari declawing pada kucing karena kegiatan ini sama saja membuat mereka cacat permanen.

Baca Juga: Tak Kalah Menggemaskan, Ini Dia Ras Kucing dengan Bulu Pendek

Memberi makan terlalu banyak

Sama seperti manusia, kucing juga bisa mengalami obesitas jika diberi makan secara berlebihan. Jadi, beri si kucing makanan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisinya dalam takaran yang pas dan ajak mereka bermain setiap hari supaya tubuhnya terbiasa bergerak.

Tidak memberi vaksin

Ada beberapa pemilik kucing yang beranggapan bahwa hewan peliharaan mereka tak perlu divaksin karena hanya menghabiskan waktu di rumah. Padahal, vaksin juga sangat penting bagi kucing untuk membantu mencegah berbagai penyakit yang tak diinginkan. Jadi, konsultasikan pada dokter hewan dan berikan vaksin pada kucing peliharaan Anda secara rutin.

Tidak memeriksakan kesehatan kucing

Selain memberi vaksin, memeriksakan kesehatan kucing secara rutin juga diperlukan untuk mengecek apakah kondisi si kucing baik, atau ada masalah kesehatan yang perlu ditangani dengan segera. Jika si kucing jarang diperiksa, masalah kesehatan yang mungkin sedang mereka alami bisa bertambah parah dan merepotkan Anda.

Menganggap kucing muntah normal

Mungkin Anda menganggap kucing yang memuntahkan bulunya termasuk normal. Padahal, seharusnya kebiasaan ini bisa dikontrol dengan rajin menyisir bulu si kucing. Selain itu, kucing yang sering muntah sebaiknya diperiksakan ke dokter hewan untuk mengecek apakah ada masalah dengan sistem pencernaan si kucing.

Itulah beberapa kesalahan yang umum terjadi saat memelihara kucing. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News