HOME, Bugar

Ini 7 Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan Anak

Ini 7 Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan Anak

MOMSMONEY.ID - Manfaat minyak ikan untuk orang dewasa sudah tidak diragukan lagi. Minyak ikan juga ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan anak. 

Selain memiliki banyak manfaat, minyak ikan juga kaya nutrisi, seperti vitamin A, vitamin D, omega-3, dan DHA. Nutrisi tersebut akan membantu anak tumbuh dan berkembang secara optimal. 

Dilansir dari Very Well Fit dan Medical News Today, inilah sederet manfaat minyak ikan untuk kesehatan anak yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Pisang untuk Kesehatan Anak yang Perlu Anda ketahui

1. Memperkuat tulang

Manfaat minyak ikan untuk kesehatan anak yang pertama adalah memperkuat tulang. Minyak ikan juga bisa membuat tulang anak jadi lebih kuat karena mengandung banyak vitamin D. 

Omega-3 yang punya peran penting untuk menjaga kepadatan tulang juga banyak ditemukan pada minyak ikan. 

2. Memperkuat sistem imunitas

Manfaat minyak ikan untuk kesehatan anak yang kedua adalah memperkuat sistem imunitas.  

Asam lemak yang tinggi dalam minyak ikan akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak dan melindungi dari penyakit-penyakit, seperti flu, batuk, dan demam. 

3. Meningkatkan mood

Manfaat minyak ikan untuk kesehatan anak yang ketiga adalah meningkatkan mood pada anak.  

Konsumsi minyak ikan secara rutin akan membuat anak senang sepanjang hari. Minyak ikan ini juga bisa membantu mengakhiri tantrum yang dialami anak. 

Baca Juga: Biasakan Minum Air Putih Di Pagi Hari, Ini Beberapa Manfaatnya

4. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat minyak ikan untuk kesehatan anak yang keempat adalah meningkatkan fungsi dan daya ingat pada otak.  

DHA pada minyak ikan membantu menjaga keutuhan sel otak dan dan memfasilitasi komunikasi antarneuron. Minyak ikan juga membantu meningkatkan konsentrasi pada anak. 

5. Mengurangi gejala ADHD

Manfaat minyak ikan untuk kesehatan anak yang kelima adalah mengurangi gejala ADHD pada anak.  

Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) adalah kondisi umum yang berkaitan dengan gejala seperti hiperaktif, impulsif, dan kesulitan fokus. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa omega-3 dalam ikan dapat membantu mengurangi gejala ADHD pada anak dan membantu meningkatkan konsentrasi pada anak.  

6. Menjaga kesehatan mata

Manfaat minyak ikan untuk kesehatan anak yang keenam adalah menajaga kesehatan mata. DHA pada minyak ikan akan membantu meningkatkan penglihatan anak. 

Karena kaya akan vitamin A, minyak ikan ini juga bisa membantu menjaga kesehatan mata anak. 

Baca Juga: Wow! Inilah Manfaat Buah Apel Jika Dikonsumsi Secara Rutin

7. Mengurangi gejala asma

Manfaat minyak ikan untuk kesehatan anak yang terakhir adalah mengurangi gejala asma pada anak. Asma adalah kondisi kronis yang juga bisa menyerang anak. 

Kondisi ini menimbulkan gejala nyeri dada, kesulitan bernapas, batuk, dan mengi. Beberapa penelitian menemukan bahwa asam lemak omega-3 dari minyak ikan dapat membantu meringankan gejala ini.  

Itulah sederet manfaat minyak ikan untuk kesehatan anak yang perlu Anda ketahui. Mulai sekarang, Anda bisa menambahkan minyak ikan pada makanan anak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News