Keluarga

Ini 7 Kebiasaan yang Bikin Rumah Tambah Kotor!

Ini 7 Kebiasaan yang Bikin Rumah Tambah Kotor!

MOMSMONEY.ID -  Tentu kita semua menginginkan rumah yang bersih, namun ternyata ada 7 kebiasaan yang tanpa Anda sadari mungkin sering Anda lakukan yang bikin rumah tambah kotor. 

Rumah yang bersih tak hanya membuat Anda lebih sehat. Rumah yang bersih membuat perasaan Anda di rumah lebih tenang dan membuat Anda semakin nyaman di rumah. 

Namun tetap saja, meski Moms sering berusaha membersihkannya terkadang rumah justru tambah kotor dan perlu dibersihkan lagi. Percaya atau tidak, ada beberapa kebiasaan membersihkan rumah yang justru membuat hunian Anda tambah kotor. 

Ini 7 kebiasaan yang bikin rumah Anda tambah kotor

1. Menggunakan sepatu di dalam rumah

Melansir Better Homes & Gardens, kebiasaan pertama yang bikin rumah Anda tambah kotor adalah menggunakan sepatu di dalam rumah. Apalagi sepatu tersebut memang Anda gunakan untuk di luar rumah, dan baru saja Anda gunakan di lokasi yang penuh dengan pasir dan debu.

Kebiasaan ini sulit dihilangkan saat ada barang yang tertinggal di dalam rumah saat Anda harus buru-buru pergi. Namun sebaiknya hentikan kebiasaan yang bikin rumah Anda kotor ini. Gunakan kursi di dekat rak sepatu Anda untuk memudahkan Anda melepas sepatu. 

2. Tidak menutup toilet sebelum membilasnya

Kebiasaan selanjutnya yang bikin rumah Anda tambah kotor adalah tidak menutup toilet saat menyiram atau membilasnya. Menutup toilet sangat penting sebab saat Anda menyiram tanpa menutuo maka partikel aerosol bisa menyebar. 

Kondisi ini bisa membuat sekitar kamar mandi bisa terkontaminasi bahkan hingga jarak 1,5 meter. Untuk menjaga seluruh permukaan kamar mandi Anda bersih, tutup toulet sebelum Anda menyiramnya. 

3. Membersihkan rumah dengan peralatan yang kotor

Membersihkan rumah dengan sapu, pel atau spons yang kotor adalah kebiasaan yang juga membuat rumah Anda tambah kotor.  Bukannya membersihkan, peralatan kotor justru akan menyebarkan bakteri ke seluruh rumah Anda. 

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Saus Tiram vs Saus Bumbu Rasa Tiram untuk Masakan

Luangkan waktu untuk membersihkan alat pembersih setiap kali selesai digunakan. Selain itu, mesin cuci dan penyedot debu tidak bisa membersihkan secara menyeluruh. Sehingga benda-benda di rumah yang Anda bersihkan dengan mesin cuci dan penyedot debu tidak sebersih yang Anda pikirkan.

4. Tidak mencuci lap dapur
Lap dapur sangat mudah terkontaminasi, bahkan saat Anda hanya menggunakan lap tersebut untuk mengeringkan tangan. Nah masalahnya, lap dapur termasuk salah satu benda yang jarang dicuci jika belum terlihat sangat kotor dan bau.

Sebaiknya cuci lap dapur Anda sesering mungkin. Khususnya setelah Anda memasak daging atau ikan. 

5.Hanya membaca petunjuk sekilas
Kebiasaan yang membuat rumah tambah kotor adalah Anda tidak membaca petunjuk dengan benar. Bahkan kartu petunjuk biasanya dibaca hanya pada saat alat rusak. 

Mulai sekarang luangkan waktu Anda untuk membaca petunjuk penggunaan. Biasa petunjuk ini juga memberikan informasi bagaimana cara membersihkan alat dengan baik dan benar. 

6.Percaya semua yang Anda baca secara online
Saat ini metode pembersihan mudah sekali virual di media online. Namun tak semuanya bisa Anda terapkan dengan tepat. Bahkan beberapa petunjuk justru malah menjerumuskan Anda. 

7.Membiarkan pekerjaan menumpuk
Sebagian besar dari kita akan menemukan alasan untuk menghindari kekacauan sebisa mungkin. Justru ini kebiasaan yang bikin rumah tambah kotor. Sebab kotoran akan menumpuk dan mungkin akan mengerak. Maka sebaiknya rutin membersihkan rumah setiap harinya. 

Demikian 7 kebiasaan yang bikin rumah tambah kotor. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News